PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONTASE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL UANG PADA ANAK TUNAGRAHITA

Sri Nuriyanti, Dedi Mulia, Reza Febri Abadi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SKh  Musthofa Binaan Umat Pulosari yaitu pada anak tunagrahita kelas V dalam kegiatan mengenal uang. Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui apakah penggunaan media pembelajaran montase dapat memberikan pengaruh untuk meningkatkan kemampuan mengenal uang pada anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metode eksperimen dengan desain single subject research desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu orang anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunkan statistik deskriftif dengan penyajian grafik. Berdasarkan hasil peneitian terlihat bahwa media pembelajaran montase dapat meningkatkan kemampuan mengenal uang pada siswa anak tunagrahita kelas V di SKh Musthofa Binaan Umat Pulosari. Hal ini berdasarkan adanya peningkatan perubahan mean level yang diperoleh pada perilaku sasaran menunjuk uang pada fase baseline (A1) yaitu 42%, fase intervensi yaitu 85,25%, dan pada fase baseline (A2) yaitu 61%. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpilkan bahwa media pembelajaran montase dapat meningkatkan kemampuan mengenal uang anak tunagrahita di SKh Musthofa Binaan Umat Pulosari.

Keywords


media montase, siswa tunagrahita, kemampuan mengenal uang, single subject research.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aisyah., Siti, Dkk. (2013). Pembelajaran Terpadu. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Aprianto, Nunung. (2012). Seluk Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Association, American Psyciatric. (2013). Disgnistik And Satistik Manual Of Mental Disorder Fifth Edition Dsm 5. American Psyciatric: Publishing.

Astati. (2010). Bina Diri Anak Tunagrahita. Bandung: Cv. Catur Karya Mandiri.

Kementrian Keuangan. (2020). Media Keuangan: Transparansi Kebijakan Fiskal. Edisi Khusus Jelajah Sejarah Rupiah. Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Xv/No. 157:7–8.

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Siswandi & Sulpian. (2010). Cara Mudah Menerapkan Metode Pembelajaran dan Menuliskan Laporan Ptk. Jakarta: Buana Semesta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, Juang, Koji Takeuchi, And Hideo Nakata. (2005). “Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal.” Criced University Of Tsukuba, 1–150.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i2.12993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats