Penggunaan media pembelajaran montase dalam meningkatkan kemampuan mengenal uang pada anak tunagrahita
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SKh Musthofa Binaan Umat Pulosari yaitu pada anak tunagrahita kelas V dalam kegiatan mengenal uang. Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui apakah penggunaan media pembelajaran montase dapat memberikan pengaruh untuk meningkatkan kemampuan mengenal uang pada anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metode eksperimen dengan desain single subject research desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu orang anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunkan statistik deskriftif dengan penyajian grafik. Berdasarkan hasil peneitian terlihat bahwa media pembelajaran montase dapat meningkatkan kemampuan mengenal uang pada siswa anak tunagrahita kelas V di SKh Musthofa Binaan Umat Pulosari. Hal ini berdasarkan adanya peningkatan perubahan mean level yang diperoleh pada perilaku sasaran menunjuk uang pada fase baseline (A1) yaitu 42%, fase intervensi yaitu 85,25%, dan pada fase baseline (A2) yaitu 61%. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpilkan bahwa media pembelajaran montase dapat meningkatkan kemampuan mengenal uang anak tunagrahita di SKh Musthofa Binaan Umat Pulosari.
Abstract: This research is motivated by the problems that researchers find in SKh Musthofa Binaan Umat Pulosari, namely in class V tunagrahita children in money recognition activities. This study aims to determine whether the use of montage learning media can influence the ability to recognize money in children with disabilities. This study uses a quantitative approach, namely the experimental method with a single subject research design A-B-A design. The subject in this study was one child with a disability. Data collection techniques are by means of observation, documentation, and tests. Data analysis uses descriptive statistics with graphical presentation. Based on the results of the research, it can be seen that montage learning media can improve the ability to recognize money in grade V students at SKh Musthofa Binaan Umat Pulosari. This is based on an increase in the mean level change obtained in the target behaviour of pointing to money in the baseline phase (A1) which is 42%, the intervention phase is 85.25%, and in the baseline phase (A2), which is 61%. Based on the results of data analysis, it can be concluded that montage learning media can improve the ability to recognize money for children with disabilities in SKh Musthofa Binaan Umat Pulosari.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i2.12993
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats