Penerapan modifikasi perilaku menggunakan token ekonomi untuk mengurangi perilaku hiperaktif dalam pembelajaran anak down syndrome
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran mengenai perilaku hiperaktif anak down syndrome. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan token ekonomi untuk mengurangi perilaku hiperaktif dalam pembelajaran anak down syndrome kelas II SDLB di Sekolah Khusus Korpri Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. data yang diolah dalam penelitian ini yaitu dalam bentuk statistik deskriptif sederhana seperti nilai persentase dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh penggunaan token ekonomi untuk mengurangi perilaku hiperaktif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperolah pada mean level pada fase baseline-1 (A1) mendapatkan nilai rata-rata 41%, fase intervensi (B) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 76%, dan selanjutnya fase baseline-2 (A2) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 67%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan token ekonomi dapat mengurangi perilaku hiperaktif dalam pembelajaran anak down syndrome kelas II SDLB.
Application of behavior modification using economic tokens to reduce hyperactive behavior in learning for Down syndrome children
Abstract: This research was conducted based on the problems that occurred in learning about the hyperactive behavior of children with Down syndrome. The purpose of this study was to determine the effect of using economic tokens to reduce hyperactive behavior in the learning of Down syndrome children in class II SDLB at the Korpri Pandeglang Special School. The method used in this study is Single Subject Research (SSR) with an A-B-A research design. The data processed in this study are in the form of simple descriptive statistics such as percentage values and graphs. The results of this study indicate the effect of using economic tokens to reduce hyperactive behavior in learning. This can be proven by the average value obtained at the mean level in the baseline-1 phase (A1) getting an average value of 41%, the intervention phase (B) getting an average value of 76%, and then the baseline-2 phase (A2) got an average score of 67%. So it can be concluded that the use of economic tokens can reduce hyperactive behavior in the learning of Down syndrome children in class II SDLB.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v7i1.12995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats