Bimbingan teknis identifikasi dan asesmen pembelajaran anak berkebutuhan khusus guru bimbingan dan konseling

Deasy Yunika Khairun, Evi Afiati, Neti Asmiati

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya pemahaman guru bimbingan dan konseling di sekolah tentang jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus, cara mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus, dan Pelaksanaan Asesmen untuk Anak Berkebutuhan Khusus.” Alternatif penyelesaian permasalahan tersebut adalah melalui proses pendampingan secara intensif kepada guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman tentang jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus, cara mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus, dan Pelaksanaan Asesmen untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian dilakukan menggunakan metode pra- eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara umum kategori pemahaman guru BK tentang jenis-jenis, identifikasi, dan asesmen anak berkebutuhan khusus berada pada kategori sedang. (2) modul intervensi bimbingan teknis idenfitikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus dirancang sebagai panduan dalam pelaksanaan sesi intervensi yang dirancang dalam 3 (tiga) rangkaian sesi. (3) bimbingan teknis identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khsusus efektif untuk meningkatkan pemahaman guru BK tentang (1) jenis-jenis anak berkebutuhan khsusus, (2) identifikasi anak berkebutuhan khsusus, dan (3) asesmen untuk anak berkebutuhan khusus.

 

Technical guidance on identification and learning assessment of children with special needs guidance and counselling teachers

 

Abstract: The research is motivated by the problem of the lack of understanding of guidance and counseling teachers in schools about the types of Children with Special Needs, how to identify Children with Special Needs, and Implementation of Assessment for Children with Special Needs.” Alternative solutions to these problems are through an intensive mentoring process for guidance and counseling teachers to increase understanding of the types of Children with Special Needs, how to identify Children with Special Needs, and Implementation of Assessment for Children with Special Needs. The research was conducted using a pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design. The results of the research show (1) that in general the category of BK teacher's understanding of the types, identification, and assessment of children with special needs is in the medium category. (2) the intervention module for technical guidance on the identification and assessment of children with special needs is designed as a guide in the implementation of intervention sessions which are designed in 3 (three) series of sessions. (3) technical guidance on the identification and assessment of children with special needs is effective in increasing the understanding of BK teachers about (1) types of children with special needs, (2) identification of children with special needs, and (3) assessment of children with special needs.


Keywords


media montase; siswa tunagrahita; kemampuan mengenal uang; single subject research

Full Text:

Fulltext PDF

References


Awwad, M. (2015). Urgensi layanan bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 46–64. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v4i1.76

Dwinita, D. (2012). Pelaksanaan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus di SMK N 4 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3). https://doi.org/10.24036/jupe7690.64

Elviana, E. (2019). Pelaksanaan layanan bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Takammul: Jurnal Studi Gender Dan Islam Serta Perlindungan Anak, 8(1), 16–32. https://doi.org/10.22373/takamul.v8i1.4745

Khoirunnisa, L. U. (2018). Bimbingan dan konseling dengan teknik multikultural terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(5), 456–468. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/315

Kiswantoro, A., Lestari, I., & Zamroni, E. (2017). Konseling bagi konseli berkebutuhan khusus. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 386–419. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1476

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Konselor, (2008).

Mudaim, M., & Solekhah, P. (2020). Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik anak berkebutuhan khusus. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v7i1.13927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats