Pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak tunagrahita

Tika Rahmatunnisa, Dedi Mulia, Neti Asmiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pola asuh yang diterapkan masing-masing orang tua terhadap kemandirian anak tunagrahita kelas V di SKh Negeri 02 Kota Serang; dan (2) untuk mendeskripsikan kemandirian anak tunagrahita kelas V di SKh Negeri 02 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian merupakan empat keluarga (orang tua) yang memiliki anak tunagrahita kelas V dan satu guru kelas V anak tunagrahita di SKh Negeri 02 Kota Serang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sebagai pembanding atau pemeriksaan data serta mencegah kesalahan dalam analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh keempat orang tua terhadap kemandirian anak tunagrahita kelas V yaitu menerapkan pola asuh yang berbeda, yakni orang tua M menerapkan pola asuh permisif, orang tua A menerapkan pola asuh demokratis, orang tua S mengkombinasi pola asuh otoriter, permisif, demokratis, dan orang tua Y menerapkan pola asuh demokratis cenderung permisif. Dengan pola asuh yang diterapkan oleh masing-masing orang tua tersebut menunjukkan bahwa A, S, dan Y menunjukkan kemandirian yang cukup baik, sedangkan M belum mampu menunjukkan beberapa aspek kemandirian.

 

Abstract: This study aims to (1) describe the parenting applied by parents towards the independence of tunagrahita students 5th grade in SKh N 02 Serang, and (2) to describe the independece of tunagrahita students fifth grade in SKh N 02 Serang City. This study uses a qualitative descriptive study methods. Research informants are four families (parents) who have 5th grade of tunagrahita children and the 5th grade of tunagrahita student’s teacher in SKh N 02 Serang City. Data collection using an observation, interview, documentation, and fieldnotes techniques. Data analysis was carried out with step of data reduction, data display, and conclusion/verification. The validity of the data was tested by triangulation as a comparison or examination of the data and to prevent errors in data analysis. The result from this study show that parenting of four parents towards the independence of tunagrahita students 5th grade is different, parenting style of M’s parent is permissive, parenting style of A’s parent is democratic, S’s parent was used the combine of authoritarian, permissive, democratic parenting style, and parenting style of Y’s parent is democratic permissive. With the parenting style applied by each of these parents, shows that the independence of A, S, and Y is great, while M has not been able to show some aspects of the independence yet.


Keywords


Kemandirian; Pola Asuh Orang Tua; Tunagrahita

Full Text:

Fulltext PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v7i2.16000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats