Penggunaan media monopoli modifikasi untuk meningkatkan kemampuan mengenal mata uang pada anak tunagrahita ringan

Mita Khairunnisa, Reza Febri Abadi, Yuni Tanjung Utami

Abstract


Mengenal uang merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap anak, termasuk anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran monopoli modifikasi terhadap kemampuan mengenal mata uang anak dengan hambatan intelektual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan single subject research. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, dokumentasi, dan instrumen. Observasi dilakukan untuk mengamati kemampuan mengenal mata uang subjek penelitian. Dokumentasi digunakan sebagai bukti yang akan memperkuat hasil penelitian dan instrumen dibuat untuk mengumpulkan data mengenai kemampuan mengenal mata uang subjek penelitian. Sebelum digunakan, instrumen divalidasi melalui expert judgment. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 1 anak kelas V. Hasil menunjukan walaupun pada fase baseline-2 (A2) data yang diperoleh lebih rendah dari fase intervensi, namun data yang diperoleh lebih tinggi dari data pada fase baseline-1 (A1). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Monopoli Modifikasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal mata uang anak dengan hambatan intelektual kelas V.

 

 

Abstract: Recognizing money is a skill that must be mastered by every child, including children with intellectual disability. This study aims to determine the use of modified monopoly learning media on the ability to recognize currency for children with intellectual disabilities. The type of research used is experimental research with single-subject research. Data collection techniques were used namely observation, documentation, and instruments. Observations were made to observe the ability to recognize the subject's currency. Documentation is used as evidence that will strengthen research results, and instruments are created to collect data regarding the ability to recognize the currency of research subjects. Before being used, the instrument was validated through expert judgment. The subjects involved in this study were 1 class V child. The results showed that although in the baseline-2 phase (A2) the data obtained was lower than in the intervention phase, the data obtained was higher than the data in the baseline-1 phase (A1). Thus it can be concluded that Modified Monopoly media can improve the ability to recognize currency for children with class V intellectual disabilities.


Keywords


Anak dengan hambatan intelektual; Media pembelajar; Monopoli Modifikasi.

Full Text:

Fulltext PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v7i2.16060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats