Pengaruh penggunaan media lift-the-flap book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca kelas III di SD Negeri Pegadingan 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai pengaruh penggunaan media lift the flap book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca kelas III di SD Negeri Pegadingan 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan pendekatan single subject research (SSR) dan dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa anak berkesulitan belajar membaca kelas III Sekolah Dasar. Pengumpulan penelitian ini dengan menggunakan observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan lembar instrument yang telah dibuat dengan sebanyak lima soal. Target behavior yang akan diteliti yaitu kemampuan membaca permulaan huruf konsonan yang terdiri dari g, k, n, t dan y. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh dan dianalisis, menunjukkan hasil yang positif. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan anak sebelum diberikan intervensi dan sesudah diberikan intervensi atau perlakuan dengan menggunakan media lift the flap book. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan mean level pada setiap fasenya. Data meanlevel pada target behavior I pada fase baseline 1 (A1) sebesar 33%, fase intervensi (B) sebesar 81% dan fase baseline II (A2) sebesar 73%. Mean level pada target behavior II pada fase baseline I (A1) sebesar 33%, fase intervensi (B) sebesar 80%, dan fase baseline II (A2) sebesar 60%. Mean level pada target behavior III pada fase baseline I (A1) sebesar 33%, fase intervensi (B) sebesar 80,8%, dan fase baseline II (A2) sebesar 73,3%. Lalu, mean level pada target behavior IV pada fase baseline I (A1) sebesar 33%, fase intervensi (B) sebesar 80,3%, dan fase baseline II (A2) sebesar 64,5%. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa media lift the flap book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas III di SD Negeri Pegadingan I.
Abstract: This study aims to determine and provide information about the effect of using lift-the-flap book media in improving early reading skills in children with learning difficulties in grade III at SD Negeri Pegadingan 1. This study used an experimental method, with a single subject research (SSR) approach and with ABA design. The subjects in this study were students with learning difficulties in grade III elementary school. The collection of this research uses observation and tests. The data collection instrument in this study was using an instrument sheet that had been made with five questions. The target behavior to be achieved is the ability to read the beginning of consonants consisting of g, k, n, t, and y. The data obtained will be analyzed using descriptive statistics. Based on the data that has been obtained and analyzed, it shows positive results. This is due to changes in the child before the intervention was given and before the intervention was given or treatment using lift-the-flap book media. This can be seen from the calculation results mean the level in each phase. The mean level data on target behavior I in the baseline phase 1 (A1) is 33%, the intervention phase (B) is 81%, and the baseline phase II (A2) is 73%. The mean level of target behavior II in the baseline phase I (A1) is 33%, the intervention phase (B) is 80%, and the baseline phase II (A2) is 60%. The mean level of behavior target III in the baseline phase I (A1) was 33%, the intervention phase (B) was 80.8%, and the baseline phase II (A2) was 73.3%. Then, the mean level of target behavior IV in the baseline phase I (A1) is 33%, the intervention phase (B) is 80.3%, and the baseline phase II (A2) is 64.5%. Based on the results of the analysis, it can be said that the lift-the-flap book media can improve reading skills at the beginning of grade III at SD Negeri Pegadingan I.
Keywords
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v8i1.16061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats