Penggunaan media audio Murottal Al-Qur’an dalam meningkatkan durasi duduk diam anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif

Alfisyahri Alfisyahri, Reza Febri Abadi, Neti Asmiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media audio murottal dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan durasi duduk diam pada anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif di SLBN 167713 Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dialami anak yaitu perilaku hiperaktif yang menyebabkan aktivitas motorik yang cenderung tinggi dan berlebihan sehingga durasi duduk diam pada saat pembelajaran didalam kelas terbilang singkat, sedangkan pembelajaran didalam kelas merupakan kegiatan pembelajaran yang membutuhkan durasi duduk diam lebih lama, sehingga durasi duduk singkat pada saat pembelajaran didalam kelas menyebabkan pembelajaran tidak kondusif dan tidak optimal. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Eksperimen dengan desain Single Subject Research (A-B-A). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Pengamatan, Tes (Instrumen), Dokumentasi, dengan pengumpulan data dalam bentuk durasi. Hasil yang diperoleh subjek dapat dilihat dari perubahan level data pada analisis antar kondisi pada fase intervensi (B) ke fase Baseline-1 (A1) mengalami peningkatan durasi duduk diam dengan selisih durasi 01.35 menit. Sedangkan pada fase baseline-2 (A2) ke fase Intervensi (B)  terdapat perubahan dengan selisih durasi 02.26 menit. Namun, pemerolehan data pada fase baseline-2 (A2) lebih tinggi dibandingkan dengan fase baseline-1 (A1).  Persentase data overlap pada fase intervensi (B) ke fase baseline-1 (A1) dan pada fase baseline-2 (A2) ke fase intervensi (B) adalah 0%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menjawab hipotesis bahwa penggunaan media audio murottal Al-Qur’an dapat meningkatkan durasi duduk diam pada anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif di SDLBN167713 Kota Tebing Tinggi.

 

 

Abstract: This study aims to determine whether the use of murottal audio media can have an effect in increasing the duration of sitting still in children with attention deficit disorder and hyperactivity at SLBN 167713 Tebing Tinggi City, North Sumatra. This research is motivated by the problems experienced by children, namely hyperactive behavior that causes motor activities that tend to be high and excessive so that the duration of sitting still during learning in class is relatively short while learning in class is a learning activity that requires a longer duration of sitting still. The short sitting duration during learning in class causes learning to be not conducive and not optimal. The type of research used is Experimental Research with Single Subject Research (A-B-A) design. Data collection techniques in this study are Observation, Test (Instrument), and Documentation, with data collection in the form of duration. The results obtained by the subject can be seen from the changes in the level of data in the analysis between conditions in the intervention phase (B) to the Baseline-1 phase (A1), which increased the duration of sitting still with a difference in duration of 01.35 minutes. While in the baseline-2 phase (A2) to the intervention phase (B) there is a change with a difference in duration of 02.26 minutes. However, data acquisition in the baseline-2 (A2) phase was higher than the baseline-1 phase (A1). The percentage of data overlap in the intervention phase (B) to the baseline-1 phase (A1) and in the baseline-2 phase (A2) to the intervention phase (B) is 0%. So it can be concluded that this study can answer the hypothesis that the use of audio media murottal Al-Qur'an can increase the duration of sitting still in children with attention deficit disorder and hyperactivity in SDLBN167713 Tebing Tinggi City.


Keywords


Perilaku Hiperaktif; Anak dengan Gannguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif; Media Audio Murottal Al-Qur’an

Full Text:

Fulltext PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v7i2.16063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats