Studi pemahaman masyarakat terhadap aksesibilitas guiding block bagi tunanetra
Abstract
Pemahaman merupakan kemampuan seseorang untuk memahami dan mengerti sesuatu sehingga dapat menjelaskan secara rinci mengenai sesuatu yang ditemukan maupun dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman masyarakat terhadap aksesibilitas guiding block bagi tunanetra di Jalan KH. Sochari,Kecamatan Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Serang yang berjumlah 15 orang. Data dikumpulkan melalui hasil observasi,wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pemahaman masyarakat terhadap aksesiblitas guiding block bagi tunanetra di Jalan KH.Sochari, Kecamatan Serang belum dapat dikatakan paham seutuhnya. Apabila ditinjau berdasarkan 7 indikator pemahaman, masyarakat sudah tahu dan memahami sedikit apa itu guiding block, namun masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa guiding block ini sama saja dengan pavling block biasa yang tersedia di trotoar yang hanya dicat warna kuning, selain itu beberapa masyarakat beranggapan bahwa guiding block ini hanya diperuntukkan untuk pejalan kaki biasa tanpa adanya fungsi yang khusus yakni sebagai jalur pemandu bagi tunanetra.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmaja, Jati Rinarki. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Avianto, Nur Bhakti dan Syifa Nur Fauziah. (2020). Pelayanan Aksesibilitas Jalur Ramah Disabilitas di Trotoar Jalan Margonda Kota Depok. Jurnal Ilmiah Indonesia Universitas Nasional Jakarta, Vol. 5 No.9
Firdaus,Ferdi. Fajar Iswahyudi. 2010. Aksesibilitas Dalam Pelayanan Publik Untuk Masyarakat Dengan Kebutuhan Khusus. Jurnal Borneo Administrator.
Gaputra, Agara Dama. (2021). Persepsi masyarakat dan kesesuaian teknis jalur pemandu bagi pejalan kaki tunanetra pada area publik. Bandung. UPI : Jurnal Permukiman Volume 16 no.2. hal 82-89.
Hosni,Irham. (1997). Buku ajar orientasi dan mobilitas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Hendrawan Yupardhi,Toddy dan I Made Jayadi Waisnawa. 2015. Studi Aksesibilitas Fasilitas Publik Halte Trans Sarbagita Terhadap Penyandang Disabilitas. Jurnal Segara Widya, Volume 3, Nomor 1.
Idamurni. 2018. Memahami anak berkebutuhan khusus. Jawa Barat : Goresan Pena
Ismail, Syaifullah. (2015). Implementasi pendidikan profetik dalam pembelajaran PAI di SMPN 4 Salatiga. Salatiga : IAIN Salatiga
Kahfi,Ashabul.dkk. 2020. Guiding Block Performance” sebagai Solusi Untuk Mengekspresikan Tarian Pakkarena Bagi Perempuan Penyandang Tunanetra di Makassar Sulawesi Selatan. Jurnal Perempuan dan Anak Indonesia : Volume 2 No. 2. h. 31-37.
Kesumawati,Nila. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Universitas PGRI Palembang. E-Journal Academia
Khoirunisa,Esdaniar dan Dwi Aries Himawanto. 2018. Perbandingan Ketersediaan Ubin Tekstur Pemandu Untuk Tunanetra Di Tempat Umum Antara Kota Surakarta Dan Kota Nagoya. Jurnal Kajian Wilayah, Vol. 9 No.1, 2018
Khairul Rahmat, Hayatul. (2019). Implementasi Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Bagi Siswa Tunanetra Di Mts Yaketunis Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam Vol. 16, No 1, Juni 2019
Lubis, Hendra Arif. (2021). Kajian aksesibilitas difabel pada ruang publik kota.Sumatera Utara : Universitas Sumatera Utara
Nuraviva,Lelly. (2017). Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Fasilitas Publik Di Kota Surakarta. FISIP Universitas Diponegoro Semarang. E-Journal
Onibala,Merry.dkk. (2017). Partisipasi masyarakat dalam pembangunan di kelurahan talikuran barat kecamatan kawangkowan utara kabupaten minahasa. Minahasa. Universitas Sam Ratulangi : Jurnal Eksekutif Ilmu Pemerintahan. Volume 2 No. 2
Pangastuti, Nur Indah. (2013). Konsep Tuna Netra. Yogyakarta : Staff New Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 Tahun 2006 Tentang Pedoman Teknik Fasilitas Dan Aksesibilitas
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat No 14 Tahun 2017 Tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung
Putra, Erwin Dwi. (2016). Hubungan antara tingkat aksesibilitas dengan kesejahteraan masyarakat dan kinerja wilayah Kabupaten atau Kota di Provinsi Jawa Barat. Bandung : Digital Library Unikom
Rahardja, Djaja. Ketunanetraan. Universitas Pendidikan Indonesia. E-Journal.
Rahmawati,Rafika. Konsep dasar pendidikan anak Tuna Netra. Universitas Negeri Yogyakarta. E-Journal
Rudiyati, Sari. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Tuna Netra. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Sativa dan Yasika Bara Bactiar. (2020). Kajian terhadap aksesibilitas fisik tunanetra dan tunadaksa di gedung LPPMP UNY. Jurnal UNY, Volume 16, No.1
Sembor,Adrian.dkk. Evaluasi Jalur Pedestrian Bagi Tunanetra Terhadap Persyaratan Teknis Di Koridor Jalan Sam Ratulangi Kota Manado.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D . Bandung:Alfabeta
Susilo, Endri. (2020). Faktor-Faktor yang mempengaruhi tingkat pehamahan masyarakat desa terhadap produk perbankan syariah. Lampung : UIN Raden Intan
Suzana, Diva. (2016). Tingkat pemahaman masyarakat nagari pariangan terhadap baitul maal wa tanwil (BMT). Batu Sangkar : Sekolah Tinggi agama islam negeri.
Toha, dkk. (2021). Identifikasi Potensi Daya Tarik Ekowisata Air Terjun Bedawat Di Desa Dange Aji Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak. Jurnal Hutan Lestari, Volume 9 : 323-335
Ulva,Maria. (2018). Pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah. Lampung :Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
Undang-Undang Negara Republik Indonesia No. 4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat Pasal 1 Ayat 4 Tentang Aksesibilitas Bagi Penyandang Cacat
Utari,Reski. (2021). Tingkat Pemahaman Masyarakat Pada Guiding Block Sebagai Aksesibilitas Anak Dengan Hambatan Penglihatan Di Kota Payakumbuh.Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia
Widanan, I Wayan.dkk. (2018). Studi Aksesibilitas pada Ruang terbuka publik terhadap penyandang disabilitas di taman kota lamintang Denpasar. Denpasar. Undagi : Jurnal Ilmiah Arsitektur : 6 (2), pp.60-65.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v9i1.19844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats