Pengaruh Penggunaan Media Ludo Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Dengan Hambatan Pendengaran Kelas II SD

Gita Ayu Anty, Yuni Tanjung Utami, Reza Febri Abadi

Abstract


ASTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai kemampuan membaca dini, dan kurangnya pemahaman pada anak tunarungu dan anak yang masih belum mampu membaca kata. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dini pada anak tunarungu dengan sasaran behavior yaitu kemampuan membaca dini. Subyek penelitian ini adalah anak tunarungu kelas 2 SD di SKh Bina Citra Anak. Metode yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain penelitian ABA. Perkembangannya dapat dilihat pada fase baseline-1 (A1), fase intervensi (B) dan fase baseline-2 (A2). Data yang diolah disajikan dalam bentuk statistik deskriptif sederhana melalui grafik dan nilai persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca pemula subjek penelitian menggunakan media LUDO KATA dengan bukti yang diperolehnya nilai rata-rata tingkat komunikasi pada target behavior kemampuan membaca awal fase baseline-1 (A1) mendapatkan skor rata-rata sebesar 33%, fase intervensi (B ) mendapatkan skor rata-rata 64,8% dan fase baseline-2 (A2) mendapatkan skor rata-rata 62%. Sehingga penggunaan media LUDO KATA dapat memberikan efek dalam meningkatkan kemampuan membaca dini pada anak tunarungu.

Kata Kunci : Anak Tunarungu, Media LUDO KATA, Kemampuan Membaca Dini, SSR

ABSTRAK

Penelitian ini berdasarkan adanya permasalahan mengenai kemampuan membaca permulaan, dan minimnya kosa kata pada anak dengan gangguan pendengaran serta anak yang masih belum mampu dalam membaca kata. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak dengan gangguan pendengaran dengan target behavior, yaitu kemampuan membaca permulaan. Subyek penelitian ini adalah anak dengan hambatan pendengaran kelas 2 SD di SKh Bina Citra Anak. Metode yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain penelitian ABA. Perkembangan dapat dilihat pada fase baseline- 1 (A1), fase intervensi (B) dan fase baseline- 2 (A2). Data yang diolah disajikan dalam bentuk statistik deskriptif sederhana melalui grafik dan nilai persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca permulaan subyek penelitian menggunakan media LUDO KATA dengan dibuktikannya perolehan nilai rata-rata komunikasi pada perilaku target kemampuan membaca permulaan, fase baseline- 1 (A1) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 33%, fase intervensi ( B ) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 64,8% dan fase baseline- 2 (A2) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 62%. Maka penggunaan media LUDO KATA berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak dengan gangguan pendengaran.

Kata kunci : Anak dengan Hambatan Pendengaran, Media LUDO KATA, Kemampuan Membaca Permulaan, SSR

 

 


Keywords


Anak dengan Hambatan Pendengaran, Media LUDO KATA, Kemampuan Membaca Permulaan, SSR

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v9i1.22479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats