PENGARUH METODE BACKWARD CHAINING TERHADAP KETERAMPILAN BINA DIRI ANAK CEREBRAL PALSY DI SKH ELOK ASRI
Abstract
chaining terhadap kemampuan keterampilan bina diri berpakaian pada anak anak cerebral
palsy di SKh Elok Asri dengan metode tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah desain A-B-A.
Subjek Penelitian yaitu seorang siswa kelas II SKh Elok Asri yang mengalami kesulitan
dalam motoriknya sehingga mempengaruhi dalam aktivitas kesehariannya, terutama
dalam hal berpakaian. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis. Berdasarkan
hasil penelitian, subjek menerima presentasi rata-rata atau level rata-rata pada kondisi
awal/ baseline-1 (A1) memperoleh hasil 25, 25% dimana pada fase ini dalam kondisi
alamiah subjek ,kemudian pada fase intervensi (B) subjek diberikan intervensi atau perlakuan berupa penerapan metode backward chaining dengan memperoleh nilai sebesar
93.3% dan pada kondisi akhir/baseline-2 (A2) memperoleh nilai sebesar 70,8%.
Presentase data overlap pada fase intervensi (B) yaitu 0%. Sehingga dapat disimpulkan
penerapan metode backward chaining dapat meningkatkan kemampuan keterampilan
bina diri berpakaian anak cerebral palsy kelas II SKh Elok Asri
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisa, Nur., Pudjiastuti Sartinah, Endang.
(2018). Metode Backward Chaining
Terhadap Keterampilan Mengenakan
Kaos Oblong Pada Anak Cerebral Palsy.
Jurnal Pendidikan Khusus. 10(2).
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Rineka Cipta. Jakarta.
Ayu Fatmawati, Fitri. (2020). Pengembangan
Fisik Motorik Anak Usia Dini.
Caremedia. Jawa timur
Charitas, Rully. (2021). Single Subject
Research Teori dan Impelementasinya :
Suatu Pengantar. UAD Press. Yogyakarta
Garry, Martin., & Joseph Pear. (2015).
Modifikasi Perilaku Makna dan
Penerapannya Edisi ke Sepuluh.
(Terjemahan Yudi Santoso,S.Fil). Pustaka
Belajar. Yogyakarta.
Kemala, I. B. (2014). Penyesuaian Psikologis
Orangtua Dengan Anak Cerebral Palsy.
Jurnal Pemikiran & Penelitia Psikolgis,
(2), hal. 57-64.
Sujihati, Somantri. (2012). Psikologi Anak
Luar Biasa. PT. Refika Aditama.
Bandung.
Wibowo, S. H., & Tedjasaputra, M. S. (2019).
The effectiveness of backward chaining
in improving buttoning skills in a child
with moderate intellectual disability and
poor vision: Single-case design. Advances
in Social Science, Education and
Humanities Research, 229(ICIAP 2018),
–143.
https://doi.org/10.2991/iciap18.2019.11
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v8i2.23067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats