PENGARUH METODE BACKWARD CHAINING TERHADAP KETERAMPILAN BINA DIRI ANAK CEREBRAL PALSY DI SKH ELOK ASRI

Farah Maula, Neti Asmiati, Sistriadini Alamsyah Sidik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode backward
chaining terhadap kemampuan keterampilan bina diri berpakaian pada anak anak cerebral
palsy di SKh Elok Asri dengan metode tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah desain A-B-A.
Subjek Penelitian yaitu seorang siswa kelas II SKh Elok Asri yang mengalami kesulitan
dalam motoriknya sehingga mempengaruhi dalam aktivitas kesehariannya, terutama
dalam hal berpakaian. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis. Berdasarkan
hasil penelitian, subjek menerima presentasi rata-rata atau level rata-rata pada kondisi
awal/ baseline-1 (A1) memperoleh hasil 25, 25% dimana pada fase ini dalam kondisi
alamiah subjek ,kemudian pada fase intervensi (B) subjek diberikan intervensi atau perlakuan berupa penerapan metode backward chaining dengan memperoleh nilai sebesar
93.3% dan pada kondisi akhir/baseline-2 (A2) memperoleh nilai sebesar 70,8%.
Presentase data overlap pada fase intervensi (B) yaitu 0%. Sehingga dapat disimpulkan
penerapan metode backward chaining dapat meningkatkan kemampuan keterampilan
bina diri berpakaian anak cerebral palsy kelas II SKh Elok Asri

Keywords


Bina Diri, keterampilan berpakaian, metode Backward chaining, anak Cerebral palsy

Full Text:

PDF

References


Aisa, Nur., Pudjiastuti Sartinah, Endang.

(2018). Metode Backward Chaining

Terhadap Keterampilan Mengenakan

Kaos Oblong Pada Anak Cerebral Palsy.

Jurnal Pendidikan Khusus. 10(2).

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Rineka Cipta. Jakarta.

Ayu Fatmawati, Fitri. (2020). Pengembangan

Fisik Motorik Anak Usia Dini.

Caremedia. Jawa timur

Charitas, Rully. (2021). Single Subject

Research Teori dan Impelementasinya :

Suatu Pengantar. UAD Press. Yogyakarta

Garry, Martin., & Joseph Pear. (2015).

Modifikasi Perilaku Makna dan

Penerapannya Edisi ke Sepuluh.

(Terjemahan Yudi Santoso,S.Fil). Pustaka

Belajar. Yogyakarta.

Kemala, I. B. (2014). Penyesuaian Psikologis

Orangtua Dengan Anak Cerebral Palsy.

Jurnal Pemikiran & Penelitia Psikolgis,

(2), hal. 57-64.

Sujihati, Somantri. (2012). Psikologi Anak

Luar Biasa. PT. Refika Aditama.

Bandung.

Wibowo, S. H., & Tedjasaputra, M. S. (2019).

The effectiveness of backward chaining

in improving buttoning skills in a child

with moderate intellectual disability and

poor vision: Single-case design. Advances

in Social Science, Education and

Humanities Research, 229(ICIAP 2018),

–143.

https://doi.org/10.2991/iciap18.2019.11




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v8i2.23067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats