Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Non-akademik Bidang Seni Siswa Autis

Suprihatin Suprihatin, Lalan Erlani, Yusuf Bachtiar Merdeka

Abstract


AbstrakKeterlibatan orang tua dalam mendidik anak sangat membantu tumbuh kembang anak autis, dan tidak jarang ada anak yang mampu meraih prestasi sesuai minat dan bakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi orang tua, faktor pendukung dan faktor penghambat yang memungkinkan orang tua berpartisipasi dalam meningkatkan prestasi non akademik bidang seni siswa autis di SLB Negeri 11 Jakarta. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan model Inkuiri Naratif. Setting penelitian akan dilakukan di sekolah dengan sampel 2 orang pasangan orang tua yang memiliki anak autis kelas 4 SD dan SMA 11 di SLB Negeri 11 Jakarta dan mempunyai prestasi non akademik di bidang seni. Terdapat pula sumber data tambahan berupa dokumen dan wawancara dengan pihak sekolah seperti guru kelas. Data penelitian ini merupakan bentuk partisipasi orang tua terhadap prestasi yang diraih anak autis serta faktor pendukung dan penghambatnya. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas yang digunakan adalah membercheck. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Grounded theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 bentuk partisipasi orang tua yaitu dalam memilih sekolah, pembiayaan sekolah, komite sekolah, dan menyelesaikan masalah anak. Selain itu, faktor pendukung yang ditemukan terbagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal, sedangkan faktor penghambat hanya berasal dari eksternal.
 

Keywords


Participation, parent, Achievement, non-academic, Autistic

Full Text:

PDF

References


American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic And Statistical Manual Of Mental Disorders Fifth Edition (DSM-5). Washington: American Psychiatric Publishing

Amin, Muhammad, dkk. (2018). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Di SMP Kreatif ‘Aisyiyah Rejang Lebong, Jurnal Literasiologi, 1(1), 103-121.

Aufa, Muhammad Yusuf Faizal dan Farid Pribadi. (2019). Motif Memilih Sekolah Islam Di Surabaya. Paradigma, 7(2), 1-5

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. (2011). Desentralisasi Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karlina, Yulista, dkk. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa SMP, Studi Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2(2), 129-148.

Kristiyono, Donald Samuel Slamet Santosa. (2018). Pengaruh Sarana Pembelajaran Dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS. Ecodunamika., 1(3), 1-6

Laksana, Nuring Septyasa. (2013). Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa Dalam Program Desa Siaga Di Desa Bandung Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Public, 1(1), 56-66.

Mandalena. Shelli. (2023). Pengaruh Ejekan Oleh Teman Sebaya Terhadap Citra Tubuh Pada Peserta Didik Smp Di Kelurahan Jatinegara. Sarjana Thesis: Universitas Negeri Jakarta

Maslihah, Sri. (2011). Studi tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 106

Nurussakinah, Rai, dkk. (2019). Gambaran Tingkat Kecemasan Orang Tua Yang Memiliki Anak Autisme di SLB, Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 15(2), 70-82.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Prabhawani, Saesti Winahyu. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah Di Tk Khalifah Wirobrajan Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 2, 5(2), 3-4

Purwandari, Any Wahyu dan Mussadun. (2015). Studi Partisipasi Masyarakat Pada Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan Di Kelurahan Semanggi Kota Surakarta, Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 11(4), 380-381.

Roesli, Mohammad, dkk. (2018). Kajian Islam Tentang partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak, Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 332-345.

Rumbewas, Selfia S. dkk. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi, Jurnal EduMatSains, 2(2), 201-212.

Sari, Diana. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 41-43.

Suprian, Yuli dan Opan Arifudin. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 95-105.

Susanti, Lidia, (2019). Prestasi Belajar akademik & non akademik. Malang: Literasi Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v9i1.23473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats