Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Lilin Aromaterapi Pada Anak Dengan Hambatan Intelektual Ringan Kelas XI

Ulfaeni Rohmawati, Sistriadini Alamsyah Sidik, Toni Yudha Pratama

Abstract


Penelitian ini membahas tentang kegiatan pembelajaran keterampilan vokasional di Skh Negeri 02 Lebak yang masih kurang dalam inovasi terbaru sehingga anak cenderung mengalami kebosanan dalam melaksanakan pembelajaran keterampilan yang sama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian subjek tunggal (Single Subjek Research) dengan desain penelitian A-B-A. Penelitian ini menggunakan strategi mastery learning sebagai metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi mastery learning efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat lilin aromaterapi pada anak dengan hambatan intelektual ringan kelas XI di SKH Negeri 02 Lebak. Data dikumpulkan melalui tes dan data yang diolah disajikan dalam bentuk statistik deskriptif sederhana melalui grafik dan nilai persentase. Sehingga hasil yang diperoleh pada fase baseline 1 (A1) nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 0%. Pada intervensi(B) nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 63% sedangkan pada fase baseline 2 (A2) nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 50%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran mastery learning dapat meningkatkan keterampilan vokasional membuat lilin aromaterapi pada anak dengan hambatan intelektual ringan di SKH Negeri 02 Lebak.


Keywords


Lilin Aromaterapi, Strategi Mastery Learning, Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Adisel , Saputri, Ulfah, Sudumo, Alamsyah, & Ulandari. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips. Journal Of Educational And Instruction, 134-139.

Aprilia , Fauzi, & Homdijah. (2021). Keterampilan Vokasional Analisis Kebutuhan Magang Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Indinesia (Japendi), 1866-1876.

Arfiyan. (2019). Penggunaan Modul Untuk Pembelajaran Keterampilan Vokasional Mencuci Sepeda Motor Pada Tunagrahita . Jurnal Widia Ortodidaktika, 901-909.

Basuki , & Prihardini. (2017). Workshop Pembuatan Lilin Aromaterapi Dari Berbagai Minyak Atsiri Sebagai Peluang Usaha Pada Perkumpulan Istri Karyawan Bank Jatim Kota Kediri. SENIAS, 75-78.

Cendaniarum, W. B., & Supriyanto. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan , 167-177.

Devi , & Efendi . (2021). Efektifitas Strategi Mastery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Lilin Berbagai Aroma Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus .




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v9i1.23820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats