Literature review: Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi pada Anak Hambatan Majemuk

Alya Batari Aozora, Hafidzah Arasy, Nayla Huda Devina, Siti Ayu Jahrotun Nisa Annur, Citra Ashri Maulidina, M. Arif Taboer

Abstract


Komunikasi adalah aspek terpenting pada kehidupan manusia untuk memperoleh dan bertukar informasi, anak dengan hambatan majemuk sering kali mengalami masalah atau kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Mereka membutuhkan program atau layanan khusus untuk mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi. Adapun pentingnya meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang baik bagi mereka agar dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dibuatnya artikel ini bertujuan untuk mengetahui cara, metode, dan layanan yang dapat membantu perkembangan komunikasi pada anak hambatan majemuk dengan hambatan intelektual ringan dan hambatan pendengaran. Penggunaan metode dalam artikel ini adalah literature review yang dilakukan dengan mengumpulkan beberapa jurnal dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan komunikasi anak dengan hambatan intelektual ringan dan hambatan pendengaran.

Keywords


Hambatan Pendengaran, Hambatan Intelektual, Hambatan Majemuk, Kemampuan Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Gustarina Ridwan, P. (2022). PENGEMBANGAN PROGRAM INTERVENSI DINI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK TUNARUNGU. Inclusive: Journal of Special Education, VIII.

Helena Ganur, M., Bunga, B. N., & Yohanes Kiling, I. (2014). Pola komunikasi anak usia dini tunarungu bukan bawaan. https://www.researchgate.net/publication/324007126

Hung, H. (2020). Teaching Communication Skills to Preschool Children with Mild Intellectual Disabilities: An Evidence based Study. J Child Dev Disord, 7. http://childhood-developmental-disorders.imedpub.com/

Muanis, A., & Susetyo, B. (2023). Program Intervensi Dini dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Bicara (Pengucapan Huruf Konsonan) Pada Anak dengan Hambatan Pendengaran. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Nofiaturrahmah, F. (2018). PROBLEMATIKA ANAK TUNARUNGU DAN CARA MENGATASINYA (Vol. 6, Issue 1).

Nona Ita, K., Novianti Bunga, B., & Yohanes Kiling, I. (2014). Gambaran komunikasi anak usia dini tunagrahita di Nusa Tenggara Timur. https://www.researchgate.net/publication/324006805

Nurul Paudah, N., Komariah, Nurandiyani, S., & Siti Rohmah, A. (2023). Pengembangan Penguasaan Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Pada Anak Tunarungu di SLB Negeri Widi Asih Padaherang. Edu Happiness, 2.

Rezki Amelia, D. (2017). Meningkatkan kelancaran bicara pada anak disabilitas intelektual dengan terapi perilaku. Procedia, 5.

Setyawan, A. (2018). Pola Komunikasi Anak Difabel (Tuna Grahita) Pada Sekolah Khusus AS-Syifa. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 2. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika

Sidiq, F. A., & Susetyo, B. (2023). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Oral Pada Anak Tunarungu Di Kelas Iv Slb Prima Bakti Muliya Cimahi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 299–302. https://doi.org/10.5281/zenodo.8312944

Gooden, C, dkk. 2013. The Importance of Communication Skills in Young Children. Human Development Institute • University of Kentucky. 1-4

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta : Prenadamedia Group




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v9i1.26400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats