Penerapan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) Melalui Teknik Discrete Trial Training (DTT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kontak Mata Pada Anak Autis Kelas I SD Di SKH Elok Asri

Neza Ishmah, Reza Febri Abadi, Neti Asmiati

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji bagaimana penggunaan Teknik Discrete Trial Training (DTT)

untuk menerapkan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) di kelas I SKH Elok Asri dapat membantu anak

autis meningkatkan kontak mata mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis

eksperimental. Variabel pada penelitian ini terbagi menjadi variabel bebas (Penggunaan metode ABA dan DTT)

dan variabel terikat (Peningkatan kemampuan anak autis). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas satu autis di

Sekolah Dasar SKH Elok Asri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, rekaman, dan

observasi. Setelah perolehan data maka akan dilakukan analisis dengan beberapa tahap di antaranya Tahap

Baseline 1 (A1), Tahap Intervensi (B), Tahap Baseline 2 (A2), dan Analisis Data. Berdasarkan analisis data ditemukan

hasil bahwa perbandingan data pada setiap fase dengan mean level menunjukkan dari fase baseline 1 (A1) yaitu

14,35 detik, fase intervensi (B) yaitu 21,88 detik, dan fase Baseline 2 (A2) yaitu 17,55 detik. Terapi ini

meningkatkan perubahan level data pada analisis fase baseline 1 dengan level perubahan yaitu (+0,7), fase

intervensi level perubahan dalam kondisi meningkat yaitu (+6,6), fase baseline 2 dengan level perubahan dalam

kondisi membaik yaitu (+0,2). Meskipun adanya penurunan dari fase intervensi ke fase baseline 2 tetapi hasil di

fase baseline 2 menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari fase baseline 1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa

penerapan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) Melalui Teknik Discrete Trial Training (DTT) terbukti

dapat meningkatkan kontak mata pada siswa autis.


Keywords


Applied Behavior Analysis (ABA), Discrete Trial Training (DTT), Kontak Mata.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v10i1.28996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats