PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN RALANTAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS UNTUK ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN

Yuliani Yuliani

Abstract


Anak tunarungu atau anak dengan gangguan pendengaran juga mampu memaksimalkan kemampua yang mereka miliki. Anak dengan hambatan pendengaran juga banyak yang mampu mengendarai transportasi sehingga anak harus memahami rambu-rambu lalu lintas tetapi anak yang tidak bisa mengendaraipun harus memahami fungsi dari rambu-rambu lalu lintas tersebut. Tujuan dari pnelitian ini untuk mengatahui pengaruh media Ralantas dalam meningkatkan pemahaman rambu-rambu lalu lintas pada anak dengan hambatan pendengaran kelas VIII SKh Nurbayan 01. Metode kunatitatif yang digunakan oleh penulis dalam penelitian menggunakan jenis metode eksperimen. “To esperiment isto tp try, to look for, to confirm”. Freangkel dan Wallen (2019) dalam Sugiono (2018: 110) menyatakan bahwa eksperimen berarti mencoba, mencari dan menkonfirmasi/membuktikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu: observasi; observasi dilakukan untuk mengamati keterampilan memahami dan fungsi rambu-rambu lalu lintas satu subjek penelitian. Observasi dilakukan secara langsung oleh peneliti karena peneliti teriibat langsung dalam proses penelitian. Dokumentasi; dokuementasi digunakan sebagai bukti yang kan memperkuat hasil penelitian yang akan dilampirkan dalam hasil penelitian. Instrumen; instrumen penelitian dibuat untuk mengumpulkan data memahami dan fungsi rambu-rambu lalu lintas satu subjek penelitain. Dari hasil yang telah didapatkan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Ralantas dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan dan mengetahui rambu-rambu lalulintas satu anak dengan hambatan pendengaran kelas VIII di SKh Nurbayan 01 Kota Tangerang

Keywords


rambu lalu lintas, anak dengan hambatan pendengaran



DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v7i2.29014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats