Persepsi Guru SLB Terhadap Pendidikan Seksual Pada Siswa Autis Usia Remaja Tingkat SMALB Di SLB Kota Bandar Lampung

Rosda Nursahida, Ossy Firstanti Wardany, Yulvia Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru SLB terhadap pendidikan seksual pada siswa autis usia remaja tingkat SMALB di Kota Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei yang melibatkan 7 guru SMALB sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara hybrid (daring dan luring) menggunakan Google Form dan lembar formulir. Instrumen penelitian terdiri dari 33 pernyataan yang sudah divalidasi mencakup tiga aspek: pengetahuan, sikap dan perilaku, dan pelaksanaan program pendidikan seksual serta 7 pertanyaan tertutup tentang penerapan pendidikan seksual di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71% responden memiliki persepsi tinggi dan 29% memiliki persepsi sedang terhadap pentingnya pendidikan seksual bagi siswa autis. Seluruh guru (100%) telah melaksanakan pendidikan seksual metode yang bervariatif, dengan metode nasehat/ceramah serta perhatian & pengawasan sebagai pendekatan yang paling banyak digunakan (85%). Namun, 71% guru mengalami hambatan dalam penyampaian materi terutama terkait kesulitan komunikasi dan kebutuhan pengulangan materi. Penelitian ini mengindikasikan bahwa guru SMALB memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya pendidikan seksual bagi siswa autis dan telah berupaya mengimplementasikannya meskipun menghadapi berbagai tantangan.

Keywords


persepsi guru, pendidikan seksual, siswa autis, SMALB

Full Text:

PDF

References


Alkldi, A. 2021. ‘A review of the effects of using social stories to promote behavior, communication, and social skills for students with autism spectrum disorders (ASD)’, International Journal of Childhood, Counselling and Special Education, 2(1), pp. 35–52. doi:10.31559/ccse2021.2.1.3.

Anggraeni, L. 2017. ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Orang Tua terhadap Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini di Sekolah Dasar Kartika VIII-5 Jakarta Selatan Tahun 2014’, Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), pp. 23–28. doi:10.29313/ga.v1i2.3383.

Ariyanti, T.S. 2011. ‘KOMUNIKASI PENDIDIKAN SEKSUAL UNTUK REMAJA AUTIS’, Skripsi [Preprint].

Ayuningtyas, F. et al. 2023. ‘Sex Education to Prevalence of Sexual Harassment in Children with Autism’, Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), pp. 201–212. doi:10.37680/amalee.v4i1.2021.

Ayuningtyas, F. 2023. Urgensi EducaSex bagi Remaja Autis, SINDONEWS. Available at: https://nasional.sindonews.com/read/1123141/18/urgensi-educasex-bagi-remaja-autis-1686405964 (Accessed: 2 June 2024).

Azwar, S. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chen, K.-H. 2018. ‘Effects of multimedia teaching integrated social story on autistic children’s social interaction’, Qual Quant, 52(2), pp. 1399–1408. doi:https://doi.org/10.1007/s11135-018-0731-8.

Dewi, R. & Bakhtiar, N. 2020. ‘Urgensi Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran bagi Siswa MI/SD untuk Mengatasi Penyimpangan Seksual’, Instructional Development Journal, 3(2), p. 128. doi:10.24014/idj.v3i2.11697.

Dian, Sunesni; Furwasyih, D. & Edyyul, I.A. 2022. ‘Pengaruh Pemberian Edukasi Tentang Pendidikan Seksual pada Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Tingkat Pengetahuan Guru Sekolah Luar Biasa (SLB)’, Jurnal Kesehatan Mercusuar, 5(2), pp. 33–40. doi:10.36984/jkm.v5i2.308.

Farakhiyah, R., Raharjo, S.T. & Apsari, N.C. 2018. ‘Perilaku Seksual Remaja Dengan Disabilitas Mental’, Share : Social Work Journal, 8(1), p. 114. doi:10.24198/share.v8i1.18122.

Farikhah, Annisa Muflikhatun; Deviana, J. 2023. ‘PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL’, Artikel DJKN: Kementrian Keuangan Republik Indonesia, 31 March. Available at: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/16039/Pencegahan-Kekerasan-Seksual.html#:~:text=o Memberikan pendidikan untuk pencegahan,perlindungan diri dari kekerasan seksual.&text=o Mengajarkan batasan aktivitas seksual yang dilakukan pada masa perkemban.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariabel SPSS 23, researchgate.net. Available at: https://www.researchgate.net/publication/301199668_Aplikasi_Analisis_Multivariete_SPSS_23.

Goldfarb, E. & Lieberman, L.D. 2020. ‘Three Decades of Research : The Case for Comprehensive Sex Education’, Department of Public Health Scholarship and Creative Works, (159), pp. 13–27. Available at: https://digitalcommons.montclair.edu/public-health-facpubs/159/.

Golzari, F., Hemati Alamdarloo, G. & Moradi, S. 2015. ‘The Effect of a Social Stories Intervention on the Social Skills of Male Students With Autism Spectrum Disorder’, SAGE Open, 5(4). doi:10.1177/2158244015621599.

Halle, S. et al. 2016. ‘Teaching Social Skills to Students with Autism: a Video Modeling Social Stories Approach’, Behavior and Social Issues, 25(1), pp. 42–54. doi:10.5210/bsi.v25i0.6190.

Handayani, P. et al. 2019. ‘Pendidikan Seksual bagi Orang Tua dan Guru Remaja Berkebutuhan Khusus’, JURNAL MITRA: UNIKA ATMA JAYA, 3(1), pp. 58–72.

Hermawan, B.& R. 2020. Modul Guru: Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas bagi Remaja dengan Disabilitas Intelektual. 1st edn. Edited by O. Kurniawan, Harry; Ardha. Jakarta: KEMENDIKBUD.

Ismiarti, R.D. 2019. ‘Sex Education for Autistic Adolescents’, Journal of ICSAR, 3(1), pp. 74–78. doi:10.17977/um005v3i12019p074.

Jannah, S.N. 2016. ‘Persepsi Guru Tentang Perkembangan Dan Pendidikan Seksual Anak Autistik Usia Remaja Di SLB Autis Citra Mulia Mandiri Yogyakarta’, Widia Ortodidaktika, 5, pp. 796–805.

Komnas Perempuan. 2023. Siaran Pers KOMNAS Perempuan tentang Peluncuran CATAHU Komnas Perempuan Tahun 2023, Komnas Perempuan.go.id. Jakarta. Available at: https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/siaran-pers-komnas-perempuan-tentang-peluncuran-catatan-tahunan-kasus-kekerasan-terhadap-perempuan-tahun-2023 (Accessed: 20 February 2024).

Kurniawansyah, E. & Dahlan, D. 2021. ‘Penyebab Terjadinya Kekerasan Terhadap Anak (Studi Kasus di Kabupaten Sumbawa)’, CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), p. 30. doi:10.31764/civicus.v9i2.6866.

Lakshita, D.S. 2019. Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Tentang Pendidikan Seks Anak Usia Dini Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Pakualaman Kota Yogyakarta Tahun 2019. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan.

Lestari, Nur Eni; Irma, H. & Herliana. 2020. ‘Implementasi Pendidikan Seksual Sejak Dini Melalui Audio Visual’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Maju, 1(01), pp. 29–33. doi:10.33221/jpmim.v1i01.566.

Lestari, L.& A. 2021. ‘Sexual education for adolescent autism spectrum disorders: an interpretative phenomenological analysis’, International Journal Of Community Medicine And Public Health, 8(4), p. 1625. doi:10.18203/2394-6040.ijcmph20211210.

Nugraheni, S. & Tsaniyah, N. 2020. ‘Urgensi Pendidikan Seks Pada Remaja Autis’, IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), pp. 85–102. doi:10.24256/iqro.v3i1.1324.

Nugroho, A.S. 2017. ‘Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Seksualitas Untuk Anak Autis’, pp. 1–57. Available at: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/27527%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/27527/12523068 Aji Setya Nugroho.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Ph.D. Ummul Aiman, S.P.D.K.A.S.H.M.A.Ciq.M.J.M.P. et al. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Pratiwi, E.A. & Romadonika, F. 2020. ‘Peningkatan Pengetahuan Anak Berkebutuhan Khusus Tentang Pendidikan Seks Usia Pubertas Melalui Metode Sosiodrama Di SLB Negeri 1 Mataram’, Abdimas Kesehatan Perintis, 2(1), pp. 47–52. Available at: https://www.jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/JAKP/article/view/453.

Rani, Rani; Yuliasri, Issy; Mujiayanto, Januarious; Astuti, P. 2023. ‘Enhancing Teacher Professional Development: Insight from Teacher Professional Learning Activities’, International Journal of Social Science and Education Research Studies, 03(10), pp. 2078–2085. doi:10.55677/ijssers/v03i10y2023-15.

Ratih, Y. 2016. ‘Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Pendidikan Seks Oleh Ibu Yang Memiliki Anak AUtis Usia Remaja’, 4(April), pp. 238–246. Available at: http://bit.ly/2RatihYulia.

Retnawati, L. 2017. Strategi Pembelajaran Pendidikan Seksual Untuk Remaha Autis Di SMPLB, Jurnal Pendidikan kHusus.

Rhamadhany, Elzy., Deni Febrini., S.F. 2022. ‘PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA 5-8 TAHUN (STUDI KASUS KELURAHAN DUSUN BESAR KECAMATAN SINGARAN PATI KOTA BENGKULU)’, J-SANAK: Jurnal Kajian Anak, 3(2), pp. 95–102. doi:https://doi.org/10.24127/j-sanak.v3i02.1196.

Rusydiana, R.D. 2021. ‘Pengaruh Usia Guru Pengalaman Mengajar Dan Tingkat Pendidikan Guru Terhadap Profesionalitas Kinerja Guru Di Mts Al Urwatul Wustqo Bulurejo Diwek Jombang’, Proceedings of International Conference On Islam Education Management and Sharia Economics, 2(1), pp. 15–30. Available at: https://prosiding.stainim.ac.id.

Sarwinanti & Frintika, R.N. 2021. ‘Pendidikan Seksual Mempengaruhi Pengetahuan dan Sikap Seksualitas Remaja Tunagrahita’, Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah, 17(1), pp. 10–19. doi:10.31101/jkk.2059.

Shabrina, Shasha Feby; Nur, Anisa Risqi Ramadhani; Abdul, B.S. 2022. ‘FUN CARDS SEBAGAI MEDIA SEX EDUCATION UNTUK ANAK USIA 3-6 TAHUN’, Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 10(2), pp. 139–157. doi:10.21831/dimensia.v10i2.47321.

Siswanto, R.S. 2022. PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL GOOGLE FORM SEBAGAI DAFTAR HADIR DAN SEKALIGUS MENCETAK SERTIFIKAT PADA KEGIATAN WEBINAR DIREKTORAT PPG, PPG Kemendikbud. Available at: https://ppg.kemdikbud.go.id/news/pemanfaatan-teknologi-digital-google-form-sebagai-daftar-hadir-dan-sekaligus-mencetak-sertifikat-pad (Accessed: 4 October 2024).

Wahyuni, H.I., Faradita, M.N. & Syarifurrahman, I. 2023. ‘PARADIGMA GURU SEKOLAH DASAR TENTANG EDUKASI SEKSUAL SEJAK DINI SEBAGAI IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK Paradigm of Elementary School Teacher About Sexual Education at Early Stage as A Child Friendly School Implementation’, Anterior, 22(2), pp. 88–93. Available at: https://journal.umpr.ac.id/index.php/anterior/issue/view/280.

Widana, A.A.G.O; Subhaktiyasa, P.. 2019. ‘The Role of Classical Sexuality Teaching in the Text of Lontar Sembina RSI for Development of Reproductive Health Education’, Bali Medika Jurnal, 6(2), pp. 209–215. doi:https://doi.org/10.36376/bmj.v6i2 ISSN.

Wulandari, A.P. et al. 2023. ‘Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar’, Journal on Education, 5(2), pp. 3928–3936. doi:10.31004/joe.v5i2.1074.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v9i2.29880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats