Modifikasi Permainan Tradisional Dengkleng dalam Peningkatan Pemahaman Seksual Anak Tunagrahita

Wayan Eka Paramartha, I Putu Aprika Apsarendra Putra

Abstract


Pendidikan seksual merupakan elemen penting dalam mendukung perkembangan anak, termasuk anak tunagrahita. Namun, edukasi seksual bagi anak tunagrahita menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan kognitif dan kurangnya metode pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan tradisional Dengkleng yang dimodifikasi menjadi Edukleng dalam meningkatkan pemahaman seksual anak tunagrahita. Metode yang digunakan meliputi pelatihan guru dan pendampingan intensif selama enam minggu. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman anak dari kategori kurang (42) menjadi sangat baik (91), serta peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan media edukasi ini. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa Edukleng dapat menjadi pendekatan inovatif yang efektif dalam pendidikan seksual anak tunagrahita, memberikan solusi praktis untuk tantangan yang dihadapi dalam proses belajar mereka. Saran untuk pengajar di sekolah luar biasa atau sekolah inklusi adalah untuk mengadaptasi metode pembelajaran yang lebih kreatif dan sesuai dengan kebutuhan anak tunagrahita, seperti Edukleng, yang mengintegrasikan permainan tradisional dengan tujuan pendidikan seksual.

Keywords


Pendidikan Seksual; Anak Tunagrahita; Edukleng

Full Text:

PDF

References


Anggri, N., & Wathon, A. (2022). Penerapan Metode Bermain Melalui Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Sistim Informasi Manajemen, 5(1), 29–50.

Aryati Eko Ningtyas, E., Bupa Pratama, N., Hapsari Winnursita, L., Asni Latifah, R., & Utomo, S. (2024). Efektivitas Buku Saku Kebersihan Gigi Dalam Meningkatkan Kebersihan Gigi Anak Tunadaksa. Quality : Jurnal Kesehatan, 18(2), 91–96. https://doi.org/10.36082/qjk.v18i2.1993

Dwilianto, R., Matondang, A. U., & Yarni, L. (2024). Perkembangan Masa Dewasa Awal. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8816–8827.

Firnanda, I. L., & Sari, A. D. I. (2024). Penggunaan Permainan Tradisional Kelereng dalam Pembelajaran Matematika. PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(2), 76–83.

Gerber, B. L., Guay, D. M., & Burnette, J. (2024). Reaching and teaching students with special needs through art. Taylor & Francis.

Ginting, R. L., Sipayung, K. N. A. S. B. R., Ramahdani, D., Hutasoit, G., Ramadana, D., Caroline, I., & Zafirah, A. J. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inklusif Untuk Anak Slow Learner. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(6), 242–257.

Habib, H., & Janae, J. (2024). Breaking Barriers: How AI is Transforming Special Education Classrooms. Bulletin of Engineering Science and Technology, 1(02), 86–108.

Halidu, S. (2022). Pendidikan Anak berkebutuhan Khusus. Penerbit P4i.

Hidayat, Y. A., & Lusiana, E. (2022). Optimalisasi pelayanan pada pemustaka penyandang disabilitas tunanetra di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(6), 367–378.

Irawan, A. (2021). Rekonstruksi Pengaturan Makna Anak Guna Melindungi Penyandang Disabilitas Intelektual Korban Kekerasan Seksual Berwawasan Keadilan. Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).

Kasiyati, S., & Wahyudi, A. T. (2021). Disabilitas dan Pendidikan: Aksesibilitas Pendidikan Bagi Anak Difabel Korban Kekerasan. Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 6(1), 73–88.

Liza, L. O., Zudeta, E., Ulni, E. K., Khalida, R., & Kes, Am. (2024). Dasar-Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. LPPM Universitas Lancang Kuning.

Mitchell, D., & Sutherland, D. (2020). What really works in special and inclusive education: Using evidence-based teaching strategies. Routledge.

Nuryati, N. (2022). Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Unisa press.

Ong, J. S. M., & Yahaya, N. (2022). Using multimedia learning objects in special needs classroom. The Eurasia Proceedings of Educational and Social Sciences, 26, 28–33.

Pratiwi, A. D. C. (2024). Kerentanan Perempuan Penyandang Disabilitas Terhadap Kekerasan Seksual. Themis: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 7–12.

Pujiastuti, T. (2021). Perkembangan Keagamaan Anak Tunagrahita (Studi Kasus di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu) (Vol. 1). Aswaja Pressindo.

Rachmadina, A. R., Putri, F. A., Maheswari, K. A. A., Kurniawati, M. N., Zarina, N. V. M., Ummah, U. S., & Harisandi, I. G. S. T. N. P. (2024). Studi Kasus: Upaya Pengembangan Kemampuan Kognitif dan Fisik Motorik Pada Anak Tunanetra di Kampus Inklusi. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(4).

Rachmawati, N., Supena, A., Yarmi, G., & RudiCasmana, A. (2022). Analysis of Hybrid Learning for Students with Learning Disabilities in Primary Schools Providing Inclusive Education. Qualitative Report, 27(10).

Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., Wulandari, F., Kusumawardan, R. N., Bahtiar, I. R., & Sholeh, M. (2022). Desain media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v10i1.31002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats