PEMBELAJARAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS (Studi Kasus Pembelajaran Komunikasi Anak Autsi dalam Area strategi Pembelajaran Individual pada dua Pusat Terapi EF dan BT di Jakarta)

Joko Yuwono

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran Berkomunikasi Anak Autsime (Studi Kasus Pembelajaran Bekomunikasi Anak Autisme dalam Area Strategi Pembelajaran Individual Pada Pusat Terapi EF dan BT Jakarta Barat Tahun 2006). Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya anak autisme yang memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. Dampak dari kesulitan berkomunikasi ini, ketika akan menginjak bangku persekolahan, maka anak autism akan mengalamai kesulitan untuk masuk sekolah dasar regular. Orang tua, melalui layanan pendidikan individual di pusat-pusat terapi mencoba menyediakan pembelajaran komunikasi bagi anak autsime. Orang tua berharap kemampuan komunikasi anak autism dapat berkembang sehingga diterima di sekolah dasar regular. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran komunikasi anak autism di pusat terapi EF dan BT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus yaitu dua kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi.  Hasil temuan penelitian  ini adalah (1) Ditemukan bahwa anak autism usia dini (2 tahun) kurang memiliki kemampuan komunikasi baik reseptif maupun ekspresifnya. Kecenderungannya anak autism usia ini tidak dapat berbicara. (2) Pada usia ini, guru memahami pembelajaran komunikasi anak autism sebagai pembelajaran bahasa. Pembelajaran komunikasi ini diawali dengan asesmen dan pembuatan program, persiapan alat peraga dan persiapan ruang khusus. Proses evaluasi dalam pembelajaran komunikasi anak autisme melibatkan orang tua anak.


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A.C. (2003). Pokoknya Kualitatif Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka Jaya.

Berntein, D.K dan Tiegerman, E. (2003). The Nature of Language dan Its Disorders, Language and Communication in Children.

Bogdan, R.C. & S.K. Biklen. (1982). Qualitative Research for Education, An Introduction to Teory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Budhiman, M. (2001). Autisme Dipandang dari Sudut Medis. Jakarta : POMDA Fpsi Universitas Indonesia.

Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Bungin, B. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologi ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Creswell, J.W. (1994). Research Design, Qualitative and Quantitative Approaches. California : SAGE Publication, Thousan Oaks.

Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing Among. United Kingdom : SAGE Publication, International Educational and Profesional Publisher.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hogan, B.N. (2001). Autism Treatment Center of America, The Son-Rise Program. USA : The Option Institute & Fellowship.

Jordan, R. dan Powell, S. (2002). Autism with Severe Learning Difficulties. England : A Condor Book Son Venir Press.

Jordan, R. dan Powell, S. (2002). Understanding and Teaching Children with Autism. England : John wiley and Sons Ltd, Beffin Lane.

Kvale, S. (1996). Interviews An Introduction to Qualitative Research Interviewing. London : SAGE Publications, International and Professional Publisher.

Leaf, R. and McEachin, J. (1999). A Work in Progrees Behavior Management Strategies and A Curriculum for Intensive Behavioral Treatment of Autism. New York : DRL Books LLC.

Lovaas, O.I. (1981). Teaching Developmentally Disabled Children, The Me Book. United State of America : Pro-ED.

Maurice, C. (1996). Behavioral Intervention for Children with Autism A manual for Parent’s Young and Professionals. Texas : Austin.

Nakita (2002). Menangani Anak Autis. Jakarta

Skjorten, M.D. (2003). Kesulitan Belajar. Handout Perkuliahan. Pendidikan Kebutuhan Khusus Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia bandung. Tidak diterbitkan

Sussman, S. (1999). More Than Words, Helping Parent Promote Communication and Sosial Skills In Children with Sutism Spectrum Disorder, The Hanen Centre, Toronto, Ontario, Canada

Tanjung, N.I. & Siregar, E. (2000). Kiat Meningkatkan Spontanitas Penyandang Autisme dalam Berkomunikasi, Cara Berkomunikasi Melalui Pertukaran Gambar (PECS), Impleeintasi PECS pada Rutinitas Anak dan Beberapa Program ABA. Jakarta : Yayasan Anak Autisma.

Tender, J. (1999). Teaching Lenguage to Children With Autism. Australia : ISADD (Intervention Services For Autism & Developmental Delay).

Tilton, A.J. (2004). The Everithing Parent’s Guide to Children with Autism Know What to Expect Find the Help You Need and Get Through the Day. Massacusett : Adams Media Avon.

Yin R.K. (2003). Studi Kasus, Desain dan Metode. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats