PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN VOCATIONAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN VOCATIONAL MELALUI KEGIATAN KETERAMPILAN MEMBATIK, BATIK BANTEN DI SKH NEGERI 01 SERANG).
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah sebuah studi deskriptif kualitatif mengenai kajian pengembangan program keterampilan Membatik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan program pembelajaraan keterampilan Membatik pada anak tunarungu di Skh Negeri 01 Kota Serang Provinsi Banten. Fokus penelitian ini mengenai pengembangan program pembelajaran keterampilan Membatik yang meliputi beberapa aspek yaitu, kondisi faktual program pembelajaran keterampilan Membatik, hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam pengembangan program pembelajaran keterampilan Membatik, bagaimana rancangan program pembelajaran keterampilan Membatik dan bagaimana program pembelajaran keterampilan Membatik hasil validasi melalui FGD (focus group discusion). Dari hasil penelitian dan pembahasan kemudian disimpulkan bahwa Ketidak adaannya sebuah program pembelajaran dapat berdampak kepada proses pembelajaran secara langsung seperti sulitnya menentukan materi dalam setiap pertemuan, menentukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dll, sehingga proses yang dilakukan oleh guru dalam membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik untuk memiliki pengalaman belajar bisa tidak tercapai dengan baik. Program pembelajaran harus berorientasi kepada upaya penyiapan individu siswa agar mampu melaksanakan perangkat kompetensi yang telah direncanakan pada tahap awal pengembangan perencanaan pembelajaran. Program yang telah dirancang terkait pembelajaran keterampilan Membatik ini, kemudian di validasi melalui kegiatan FGD (focus group discusion). Adapun perbuahan yang terjadi pada desain tersebut terletak pada rambu-rambu program, visi dan misi, penilaian, dan beberapa catatan berkaitan dengan tata bahasa maupun dengan pelaksananaan program.
Full Text:
PDFReferences
Abidin. (2002). Dasar-dasar Pembelajaran, Jakarta: PT Gravindo Karya
Arikunto. Suharsimi, (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Aminudin. (2007). Mengenal dan Membuat Kerajinan Keramik, Bandung : Nuansa Citra Grafika
Bandem. (2002). MembatikSeni. Semarang: Unnes Press
Bastomi, Suwadji. (2000). MembatikIndonesia : Unnes Press
Bunawan Lani dan Yuwati Cecilia Susila (2000). Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu, Jakarta : Santirama
Djumhana. (2008). Menejemen Pembelajaran dan Bimbingan. Jakarta: PT Gravindo Karya
Gregory, Knight, McCracken, Powers and Watson (1999), Issues in Deaf Education, London: David Fulton Publishers
Gustami, Sp. (1997). Seni Kerajinan Mebel Ukir Jepara. Yogyakarta: Insan Seni Indonesia
Hallahan dan Kauffman, (1994), Exceptional Children Introduction to Special Education, USA: ALLyn and Bacon
Hernawati, Tati (2000). Program layanan dasar bimbingan dalam mengembangkan perilaku sosial siswa tunarungu jenjang SLTPLB di SLB, Tesis, UPI Bandung, Tidak diterbitkan.
Komalasari, (2009). Teori Belajar dan pembelajaran, Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Liben, Lynn (1985), Inclusive Education, New York: Routledge
Moleong Lexy ( 2004 ), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja RosdaKarya
Moores (2001). Child Development, Allyn & Bacon, USA: Permission departemen
Nasution (1992). Metode Research. Bandung: Jemmars.
Nelly (1982). Brother, Sistes, and Special needs,Canberra: Australian Government Publishing Service
Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Cetakan Ketujuh. Bandung: Ghalia Indonesia.
Nurhadiat, Dedi. (2004). Pendidikan seni: seni rupa 2. Jakarta: PT. Grasindo
Smith J David (1998), Inclusion schools for All Students, USA : Wadsworth publishing Company
Sudjana, (2009), Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif, Bandung: Falah Production.
Sumaatmaja, (1994), Bentuk Keterampilan kontenporer. Yogyakarta: PT Cerdas Bangsa
Sugiyono, (2005), Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suran,S.G and Rizzo J. (1979), Being Deaf: The Experience of Deafnes. London: Pinter Press
Suryobroto. (2009), Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Tarjo, Enday. (2004). Strategi belajar-Mengajar Seni Rupa. Bandung: Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI.
Tim Pengembang MKDK, (2002). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Dekdipbud
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i2.3539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats