MENGATASI KESULITAN BELAJAR MENULIS (DISGRAFIA) MELALUI METODE BINGKAI BAGI ANAK TUNA GRAHITA KELAS II SDLB DI SKh.MADINA SERANG

lis mulyati

Abstract


Penyebab faktor kesulitan belajar menulis atau disgrafia menurut Sunardi dan Sugiamin, (2001) yang di kutip dalam http://plbjabar.com diantaranya faktor terganggunya motorik pada anak, perilaku ketika menulis, persepsi, ingatan, kemampuan cross modal, pengguanan tangan yang dominan serta kemampuan memahami instruksi. Dengan demikian dalam mengatasi kesulitan anak yang mempunyai gangguan tersebut perlu seuatu metode yang sesuai dengan kebutuhan anak, dan yang tidak kalah pentingnya metode harus menarik minat anak. Metode atau strategi pembelajaran bagi anak yang mengalami kesulitan dalam menulis salah satunya dengan mempergunakan metode bingkai, karena metode bingkai merupakan metode yang multi fungsi, selain dapat menarik minat anak juga melatih konsentrasi, melatih motorik halus anak, melatih tanggung jawab, melatih imajinasi anak. Penerapan Metode bingkai di implementasikan berdasarkan prinsip penelitian tindakan kelas melalui beberapa siklus yang terencana. Aktifitas pembelajaran mempergunakan pendekatan individualisasi pengajaran, yang di terjemahkan pada masing masing siklus berdasarkan hasil assesmen awal.Metode bingkai merupakan salah satu metode alternatif cara menangani anak yang kesulitan dalam belajar menulis atau disgrafia. Hal tersebut berdasarkan hasil analisa data yang di himpun pada tiap siklusnya ada peningkatan yang menunjukan peningkatan grafik hasil dari belajar menulis melalui metode bingkai. Siklus I 57%, siklus II 87% ada peningkatan 30% antara siklus I dan ke II.

            

Kata Kunci:Metode bingkai, multi fungsi, aktifitas dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Astati,M.Pd. dkk .2001.Pendidikan Luar Sekolah Umum.CV Pandawa Bandung

Suharsimi,Arikunto,Prof.Dkk.2006,Penelitian Tindakan Kelas,Bumi Aksara Jakarta

Sunardi dan Sugiamin,(2001) yang di kutip dalam http://plbjabar.com

Tarigan,1986,Menulis.Bandung Angkasa

Nurgiyantoro,2001.Pengembangan belajar Menulis.Pustaka Jaya Jakarta

Dorothy.2008.Bergerak melampaui dasar sebagai Pembelajaran yang kuat.Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i1.3549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats