Pelatihan gerakan yoga dengan bermediakan buku bergambar untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak tunarungu

Ni Luh Pebri Dianayanti, Beny Agus Permana, Ni Luh Ayu Widiastiti, Kadek Suranata

Abstract


Tunarungu adalah salah satu jenis dari anak berkebutuhan khusus. Tunarungu merupakan suatu istilah yang menunjuk pada kondisi tidak berfungsinya organ pendengaran secara optimal. Anak yang mengalami tunarungu tidak mampu mengerti orang lain dan sukar untuk memahami orang lain. Selain itu kondisi fisik anak tunarungu juga mengalami gangguan karena kurangnya interaksi social anak tunarungu dengan orang lain disekitarnya.  Hal tersebut menimbulkan tekanan pada emosinya, yang pada akhirnya dapat menghambat perkembangan kepribadian dan sosialnya dengan menampilkan perilaku seperti menutup diri, bertindak agresif atau sebaliknya menampakan kebimbangan dan keragu-raguan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kesehatan fisik maupun mental dari anak tunarungu setelah mengikutih pelatihan gerkan yoga suryanamaskar dengan bermediakan buku bergambar khususnya bagi anak tunarungu di SLB N 2 Buleleng. Subjek penelitian (N= 2) adalah siswa kelas VI SLB N 2 Buleleng. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi (terhadap subjek, guru wali kelas VI, dan Ibu Kepala SLB N 2 Buleleng), penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

 

Abstract: Deafness is one type of child with special needs. Deafness is a term that refers to the condition of optimal hearing loss. Children who experience deafness are not able to understand other people and are difficult to understand others. In addition, the physical condition of deaf children is also impaired due to the lack of social interaction of deaf children with other people around them. This creates pressure on his emotions, which in turn can hamper his personality and social development by displaying behaviors such as closing himself, acting aggressively, or otherwise showing doubt and hesitation. So this study aims to determine how the development of the physical and mental health of deaf children after participating in gerkan yoga Suryanamaskar training by providing picture books, especially for deaf children in Buleleng 2nd SLB. The research subjects (N = 2) were grade VI students of Buleleng SLB N 2. The method of data collection in this study used the method of interview, observation, and documentation (on subjects, homeroom teacher VI, and the mother of the head of SLB 2 N Buleleng). This study used quantitative descriptive analysis.


Keywords


Tunarungu; Pelatihan; Yoga suryanamaskar

Full Text:

Fulltext PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v7i2.5550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats