Penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan

Annida Nurul Hidayah, Sistriadini Alamsyah Sidik, Dedi Mulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan anak dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research) dengan subjek penelitian anak dengan hambatan intelektual kelas III yang terdiri 4 orang anak di SKh Nurbayan 01 Kota Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 6 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Setiap tindakan terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menyusun rencana tindakan. Penelitian melakukan kegiatan pembelajaran tentang penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis anak dengan hambatan intelektual kelas III yang masih rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif akan memberikan gambaran bagaimana kemampuan menulis permulaan anak sebelum diberikan tindakan dan setelah diberikan tindakan. Data kuantitatif merupakan data yang berupa angka yang memberikan tentang gambaran hasil observasi terhadap kemampuan menulis permulaan dengan penggunaan model kontekstual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis permulaan menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas III di SKh Nurbayan 01 Kota Tangerang. Peningkatan keterampilan menulis dapat dilihat dari rata-rata nilai keterampilan menulis permulaan siswa pada pra tindakan memperoleh presentase nilai 60,62%, siklus I memperoleh presentase nilai sebesar 69,37% dan pada siklus II hasil rata-rata presentase kemampuan menulis memperoleh presentase nilai sebesar 78,75%.


Keywords


kemampuan menulis permulaan; model pembelajaran kontekstual; anak dengan hambatan intelektual

Full Text:

Fulltext PDF

References


Affandi, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS. [online] Diunduh melalui http://research.unissula.ac.id/. diakses pada 18 Februari 2019

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Somantri. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. [online] Diunduh melalui https://ipusnas.id/. Diakses pada 18 Februari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v5i1.8152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats