Pembelajaran keterampilan tata boga pembuatan Emping Ceplis Banten untuk meningkatkan kemampuan vokasional pada anak dengan hambatan intelektual
Abstract
This study aims to determine the effect of the application of learning culinary skills by making ceplis chips as Banten’s local wisdom to improve vocational abilities in children with intellectual disabilities (Quantitative Study of One Group Pretest-Posttest V Grade Elementary School in Al-Kautsar City Cilegon Banten). This research is an experimental quantitative study using the One Group Pretest- Posttest approach. The subjects in this study were 2 students in the Al-Kautsar School, Cilegon City Banten. The instruments used in the learning of culinary skills making ceplis chips as typical local wisdom of Banten to improve vocational skills is a performance test in the form of an assessment sheet in accordance with the target behaviour to be achieved. The results showed the average value of students' initial ability (pretest) of 41, after learning the average value of students' ability (posttest) to 88. The results of statistical tests showed that learning the culinary skills of making ceplis chips as typical local wisdom of Banten could increase vocational skills in children with intellectual disabilities in grade V elementary school in SKh Al-Kautsar Cilegon City, Banten.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran keterampilan tata boga pembuatan emping ceplis khas Banten untuk meningkatkan kemampuan vokasional pada anak dengan hambatan intelektual (Studi Kuantitatif Eksperimen One Group Pretest-Posttest Kelas V SD di SKh Al- Kautsar Kota Cilegon Banten). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan pendekatan One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa di SKh Al-Kautsar, Kota Cilegon Banten. Instrumen yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan tata boga pembuatan emping ceplis Banten untuk meningkatkan kemampuan vokasional yaitu tes kinerja berupa lembar penilaian yang sesuai dengan target behavior yang ingin dicapai. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan awal siswa (pretest) sebesar 41, setelah dilakukan pembelajaran nilai rata-rata kemampuan siswa (posttest) menjadi 88. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa kesimpulan dari pembelajaran keterampilan tata boga pembuatan emping ceplis Banten dapat meningkatkan kemampuan vokasional pada anak dengan hambatan intelektual kelas V SD di SKh Al-Kautsar Kota Cilegon, Banten.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Anwar. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung : Alfabeta.
Arsa. 2011. Pembuatan Emping Melinjo.
Tersedia. [Online] : http://arsatentangkita. blogspot.com/2011/05/pe
mbuatan-emping-melinjo.html?m=1. Diakses pada 17 Maret 2019.
Arsal, Thriawaty. 2015. The Involvement of Women In The Production Emping Melinjo (melinjo chips) to Improve the Economy of Rural Farmer Household. Tersedia. [Online] :https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas/article/view/4720/4089.Diakses pada 2019.
Astati, Lis Mulyati. 2011. Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung : Amanah Offset.
Basri, Hasan. 2000. Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakrta : Pustaka Pelajar Offset.
Chaniago dan Sirodjudin. 1981. Pendidikan Keterampilan Bagi Anak Tunagrahita.Tersedia. [Online] : http://wwwpapahmamah.com/showthr
ead.php?t=. Diakses pada 2019.
E, Kosasih. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus.
Bandung : Yrama Widya.
Guritno. S, Sudaryono, Rahardja. U. 2011. Theory and Application of IT Research / Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta :Andi. Iswari, Mega. 2007. Pendidikan Kecakapan
Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Departemen.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v5i1.8157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats