Penerapan metode multisensori dalam meningkatkan keterampilan artikulasi siswa dengan hambatan pendengaran

Riska Nurjanah, Toni Yudha, Reza Febri Abadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data tentang penerapan metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan artikulasi siswa dengan hambatan pendengaran kelas II di Sekolah Khusus Caraka Pratama Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini merupakan satu orang siswa dengan hambatan pendengaran. Perilakujsasaranjdalam penelitian ini adalah 1) membentuk lambang bunyi, 2) mengucapkan lambang bunyi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes lisan. Perolehan data dianalisis melalui statistic deskriptif dengan penyajian grafik. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa metode multisensori dapat meningkatkan keterampilan artikulasi pada siswa dengan hambatan pendengaran kelas II di SKh Caraka Pratama. Hal ini berdasarkan adanya peningkatan mean level yang diperoleh pada perilaku sasaran membentuk lambang bunyi pada kondisi awal adalah 33%, meningkat menjadi 70% dan pada perilaku sasaran mengucapkan lambang bunyi pada kondisi awal sebesar 33% meningkat menjadi 66.75%. Berdasarkan hasil analilsis data maka dapat disimpulkan bahwa metode multisensori dapat meningkatkan keterampilan artikulasi siswa dengan hambatan pendengaran di SKh Caraka Pratama Tangerang.


Keywords


metode multisensori; siswa dengan hambatan pendengaran; keterampilan artikulasi; single subject research

Full Text:

Fulltext PDF

References


Abadi, Reza Febri. 2013. Pengembangan Media Alternatif And Augmentatif Communication (AAC) dalam Mengembangkan Keterampilan Komuniasi Anak dengan Hambatan Komunikasi. [online]. Diunduh melalui https://repository.upi.edu (20 April 2020).

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Rabin, K., Nava H., dan Bregman. 1997. Multisensory Speech Perception of Young Children With Profound Hearing Loss. Israel: Department of Communication Disorders. [online]. Diakses melalui https://pubs.asha.org/doi/pdf/. Diakses pada 8 Januari 2020.

Rukmana, Fandian Zona. 2016. Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Metode Multisensori pada Anak Tunarungu pada Kelas II Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Yogyakarta: UNY. [online]. Diunduh melalui http://journal.student.uny.ac.id. Diakses pada 8 Januari 2020.

Rusyani, Endang., dkk. 2008. Buku Artikulasi Modul I – Modul V. [online]. Diunduh melalui http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR._NIASA/196211211984031-DUDI_GUNAWAN/BUKU_ARTIKULASI.pdf. Diakses 15 Desember 2019.

Sadjaah, Edja. 2005. Pendidikan Bahasa bagi Anak Gangguan Pendengaran. Jakarta: Depdiknas.

Somantri, T. Sutjihati. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

-----------. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, Juang., Takeuchi, Koji., dan Nakata, Hideo. 2005. Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. University of Tsukuba: CRICED.

Supriatna, Agus., dan Hernawati, Tati. 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter Bidang PLB Tunarungu Kelompok Kompetensi E. Bandung: PPPPTK dan PLB. [online]. Diunduh melalui http://file.tkplb.kemdikbud.go.id/. (6 Januari 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v5i2.9827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats