Pengaruh penggunaan media dot cards terhadap kemampuan penjumlahan bilangan prima pada anak dengan hambatan intelektual

Nurbaeti Nurbaeti, Sistriadini Alamsyah Sidik, Toni Yudha

Abstract


Pembelajaran dot cards dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan bilangan prima pada anak dengan hambatan intelektual ringan kelas V di SKh Negeri 01 Lebak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen dengan subjek penelitian tunggal atau yang dikenal dengan istilah Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu desain A-B-A. teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi yang selanjutnya data dianalisis dengan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran dot cards dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan bilangan prima. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata yang diperoleh pada setiap kondisi. Pada fase baseline 1 (A1) rata-rata yang diperoleh sebesar 37.5 poin, untuk fase intervensi rata-rata yang diperoleh sebesar 78.39 poin, sedangkan untuk fase baseline 2 (A2) sebesar 53.13 poin. Tidak hanya pada rata-rata perubahan juga ditunjukkan pada analisis level yang terdapat pada analisis antar kondisi, pada fase intervensi (B) ke fase baseline 1 (A1) menaik sebesar 50 poin karena diberikan perlakuan berupa media pembelajaran dot cards sedangkan untuk analisis level pada fase baseline 2 (A2) ke fase intervensi (B) menaik sebanyak (-37.5). Data yang diperoleh pada fase baseline 2 (A2) lebih rendah dibandingkan dengan fase intervensi,


Keywords


Anak dengan hambatan intelektual ringan; dot cards; berhitung penjumlahan bilangan prima

Full Text:

Fulltext PDF

References


Ariani, Nita. (2010). Ensiklopedia Matematika. Bogor: Arya Duta

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Benazir., Yunus, M., Kasiyati. (2013). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Melalui Media Kartu Gambar Berseri Bagi Anak Autis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. (Online), Nomor 2, (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu, diakses 19 Desember 2019).

Kemis & Rosnawati. (2013). Pendidikan anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima.

Pribadi, A Benny. (2017). Media dan Tekologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offs Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunanto Juang, Koji Takeuchi, dan Hideo Nakata. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: PLB FIP UPI.

Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v5i2.9829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats