Sistem informasi berbasis website sekolah menggunakan WordPress

Didik Aribowo, Desmira Desmira, M. Reza Ramadhon

Abstract


Perkembangan teknologi dan sistem informasi sudah umum diterapkan dan diimplementasikan oleh berbagai instansi baik itu di bidang industri, perekonomian, dan pendidikan. Semakin berkembangnya teknologi, kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki juga akan semakin dituntut untuk mengalami kemajuan dan peningkatan. Pengembangan sistem informasi sangat berperan penting dalam berkembangnya suatu sarana atau sejenisnya di dalam dunia industri, ekonomi, serta pendidikan. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia handal yang menjadi tenaga ahli dalam bidang tersebut. Sistem informasi yang berbasis online ini akan memudahkan banyak pihak, mulai dari pihak internal sekolah maupun pihak dari luar sekolah yang ingin mengakses beberapa informasi umum terkait sekolah yang ingin diketahui. Saat ini bentuk dari suatu sistem informasi yang digunakan di sekolah adalah dengan berbasis wordpress. Wordpress ini merupakan salah satu bentuk dari sistem pengelolaan website yang sangat sederhana dan mudah untuk dikembangkan oleh berbagai pihak khususnya sekolah. Sistem Informasi Sekolah merupakan sebuah sarana ataupun  alat yang bisa digunakan oleh sekolah sebagai bentuk peningkatan dalam pelayanan dan kualitas sekolah. Melalui sistem ini, pihak sekolah dapat berinteraksi dengan banyak pihak yang terkait, seperti calon siswa, masyarakat, siswa, orang tua, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan sistem informasi ini, sekolah ataupun siswa bisa saling berinteraksi dengan mudah. Sekolah juga bisa menyampaikan informasi-informasi penting yang harus diketahui oleh siswa dan orang tua siswa dengan lebih efisien. Seperti informasi mengenai aktivitas belajar mengajar di sekolah, jadwal pelajaran, materi pelajaran, nilai siswa, dan lain-lain.

Full Text:

PDF 30-34

References


S. Nurhaji and M. Nurtanto, “Pengembangan sistem informasi tracer study pada progam studi pendidikan vokasional teknik mesin Untirta,” J. Taman Vokasi, vol. 8, no. 2, pp. 91–105, 2020.

Z. Arifin, M. Nurtanto, M. Fawaid, and R. Rabiman, “The TAWOCK Framework: A Professional Innovation Teaching and Learning on Vocational Education,” Journal of Education and Learning (EduLearn), vol. 14, no. 3. 2020.

Z. Arifin, M. Nurtanto, A. Priatna, N. Kholifah, and M. Fawaid, “Technology andragogy work content knowledge model as a new framework in vocational education: Revised technology pedagogy content knowledge model,” TEM J., vol. 9, no. 2, pp. 786–791, 2020, doi: 10.18421/TEM92-48.

N. W. A. Majid, S. Fuada, M. K. Fajri, M. Nurtanto, and R. Akbar, “Progress report of cyber society v1.0 development as a learning media for Indonesian society to support EFA,” Int. J. Eng. Pedagog., vol. 10, no. 4, pp. 133–145, 2020, doi: 10.3991/ijep.v10i4.13085.

S. Ma’arif, “Sistem Informasi Manajemen (SIM) sebagai salah satu pelayanan dalam meningkatkan mutu sekolah: Studi multi kasus di SMA BPPT Darul Ulum dan MAN Unggulan,” LPPM UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015.

D. B. Srisulistiowati, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Di Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 2, no. 1, pp. 77–83, 2014, doi: 10.35968/jsi.v2i1.41.

A. Kadir, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

M. Nurtanto et al., Information media literacy to improve working concept comprehension of ignition system with contact breaker through problem based learning. Icoss. 2019.

W. Susihono, T. Yuanita, N. Nurtanto, and I. Irhamni, “The Development of Web-Based Halal Information Systems to Increase Community Satisfaction: A Case Study of Participatory Ergonomics Approach in LPPOM MUI Banten,” IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application). pp. 239–247, 2018.

J. H. U. P. Simanungkalit, “KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI,” in Sistem Informasi Kepegawaian, 2012, pp. 1–10.

M. Nurtanto et al., “Information media literacy to improve working concept comprehension of ignition system with contact breaker through problem based learning,” Proceedings of International Conference of Social Science, ICOSS 2018 …. 2018.

Rikanita, “Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website Di SMK Negeri 1 Makassar,” Universitas Negeri Makassar, 2017.

M. Nurtanto, H. Sofyan, and P. Pardjono, “E-learning based autocad 3d interactive multimedia on vocational education (Ve) learning,” J. Eng. Educ. Transform., vol. 34, no. 4, pp. 97–103, 2021, doi: 10.16920/jeet/2021/v34i4/155014.

T. Hartati and I. D. Sintawati, “Implementasi Metode Waterfall pada Perancangan Aplikasi SIPSIBA (Studi Kasus SMK Muhammadiyah 10 Jakarta),” Ris. dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 138–148, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.