Sistem informasi penjualan berbasis web di program kampung iklim joglo

Canggih Ajika Pamungkas, Nurma Puspitasari, Risa Dikza Ramadhan, Mutia Nur Afifah, Nur Bintang Wahyuningsih, Okky Fajar Saputra, Rayhan Akbar Hidayat, Kumara Vito Farinanda

Abstract


Sistem informasi merupakan suatu hal yang penting dan mendasar yang harus dimiliki setiap bidang kegiatan atau sebuah perusahaan ataupun instansi. KWT Ngudi Makmur system pemasarannya masih dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan metode direct selling mulai dari penjualan hasil panen, hasil olahan makanan, dan pupuk organik. Sehingga bendahara mengalami kesulitan dalam mengatur proses pemasaran. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti melakukan penelitian untuk mengembangkan sistem informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah action research. Obyek penelitian adalah KWT Ngudi Makmur Kelurahan Joglo. Metode pengumpulan datanya adalah dengan teknik: (1) wawancara, (2) dokumentasi (3) observasi. Sedangkan untuk pengembangan sistem informasinya menggunakan metode Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah terbangunnya sistem informasi Web Profil Joglo untuk memudahkan proses pemasaran hasil produksi yang diperoleh dari proklim Joglo KWT Ngudi Makmur.

Full Text:

PDF 96-100

References


A. F. Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, “Jurnal basicedu,” J. basicedu, vol. 5, no. 6, p. 6349_6356, 2021.

Dirjen Dikti Kemendikbud, “Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka,” Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, pp. 1–33, 2020.

N. P. A. Meisha, N. Laksmi, A. D. M. Aryati, R. T. Prastika, and ..., “Pendampingan Penerapan Digital Marketing Pada Subak, Kwt Dan Up2K Desa Catur Kintamani-Bangli,” Researchgate.Net, no. March 2022, 2021.

H. Subakti et al., “Metodologi Penelitian Pendidikan,” Yayasan Kita Menulis, 2021, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qGtIcYUAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=qGtIcYUAAAAJ:JQOojiI6XY0C.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.