Sistem informasi pendataan bantuan sosial kabupaten Klaten

Norma Puspitasari, Canggih Ajika Pamungkas, Listya Ari Sapitri

Abstract


Perkembangan teknologi informasi merupakan salah satu sarana yang sangat dibutuhkan masyarakat. Informasi bantuan sosial merupakan salah satu kebutuhan masyarakat. Informasi yang diberikan selama ini hanya melalui kelurahan lewat surat pemberitahuan dan pendataan datanya hanya manual saja.   Pada saat ini masyarakat sering mengakses situs-situs website pendataan bantuan sosial. Untuk memudahkan masyarakat mencari daftar untuk mengetahui informasi mengenai bantuan sosial dan memudahkan pihak admin dalam mendata masyarakat yang mendapatkan bantuan sosial jadi tidak perlu input data secara manual, maka dari itu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klaten memerlukan website tersendiri mengenai pendataan bantuan sosial. Sehingga akan memudahkan masyarakat untuk mencari informasi mengenai data yang mendapatkan bantuan sosial dalam website tersebut. Tujuan dibuatnya sistem ini untuk menghasilkan sebuah sistem yang dapat memudahkan Pihak Diskominfo Kabupaten Klaten dalam memberikan bantuan sosial kepada warga yang berhak menerima bantuan dan untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi mengenai data yang mendapatkan bantuan sosial agar terkomputerisasi dengan baik. Metode yang digunakan adalah metode waterfall mulai dari analisa kebutuhan, desain sistem, pengkodean program, pengujian program, implementasi program. Website sistem informasi pendataan bantuan sosial ini memudahkan mendapat informasi tentang orang-orang yang mendapatkan bantuan sosial dan memudahkan Diskominfo menginput data yang mendapatkan bantuan sosial. Hasil dari sistem yang dibuat berupa website dengan tampilan menu input proses serta output yang di design dengan sebaik mungkin agar bisa memudahkan dalam pengelolaan pendataan bantuan sosial agar terkomputerisasi dengan baik. Sistem yang dibuat menghasilkan sistem informasi pendataan bantuan sosial berbasis web yang responsif diberbagai ukuran layar dengan tampilan yang menarik.

Full Text:

PDF 101-105

References


R. E. Maulana, “Aplikasi Pendataan Penduduk Dan Informasi Bantuan,” Semnas Ristek 2020, pp. 2019–2022, 2021.

Rasmitadila et al., “The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia,” J. Ethn. Cult. Stud., vol. 7, no. 2, pp. 90–109, Jul. 2020, doi: 10.29333/ejecs/388.

N. Kholifah, I. Irwanto, S. D. Ramdani, and M. Nurtanto, “Vocational skills learning model strategies during covid-19,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1700, no. 1, Dec. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1700/1/012092.

N. A. Handoyono and A. R. Pambudi, “The Role of Teachers in Online Learning during the Covid-19 Pandemic,” PROCEEDINGS: THE INTERNATIONAL CONFERENCE ON TECHNOLOGY, EDUCATION, AND …. 2021, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=sZxjdW0AAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=sZxjdW0AAAAJ:hFOr9nPyWt4C.

B. P. Widodo and H. D. Purnomo, “Perancangan Aplikasi Pencarian Layanan Kesehatan,” J. Sist. Komput. - JSK (Department Comput. Syst. Eng. Diponegoro Univ. Indones., vol. 6, no. 1, p. 45, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.