Potret Pelaksanaan Pembelajaran SMK Teknik Pemesinan Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memotret pelaksanaan pembelajaran dan memberikan solusi untuk peningkatan kualitas pembelajaran di SMK. Penelitian ini menggunakan metode survey menggunakan angket dan wawancara dengan responden guru dan siswa SMK Teknik pemesinan. Hasil Penelitian diketahui masih terdapat permasalahan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung diantaranya 1) evaluasi dan hasil belajar; 2) siswa pasif dalam pembelajaran; dan 3) pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut disimpulkan dari hasil observasi yang menyatakan sebanyak 73 % tidak tahu bagaimana cara guru menilai dan mengevaluasi hasil belajar serta sebanyak 71 siswa tidak tuntas terhadap hasil belajarnya, siswa tidak memiliki nilai tugas, nilai harian, serta nilai keterampilan dan nilai raport hanya ditentukan oleh ujian akhir semester. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga membuat siswa menjadi pasif dan mengalami kesulitan belajar terutama mengantuk didalam kelas. Hasil observasi yang dilakukan, 60 % guru menyatakan belum menyelesaikan terkait cara mengevaluasi dan ketuntasan hasil belajar siswa. Yang disebabkan oleh tidak ada sumber belajar mandiri yang digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan secara terstruktur
Full Text:
PDF 45-50References
Munir Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan, I. Kota Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018.
SISDIKNAS, “Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. p. 37, 2003.
H. Abdillah, “Profil Kompetensi Lulusan SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan Menurut Kebutuhan Industri dan Relevansinya Dengan Kurikulum SMK,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.
V. Z. Atina, A. Y. Mahmudi, and H. Abdillah, “Ceper Foundry Industries, Technology Management Readiness for Industrial Revolution 4.0,” in Brawijaya International Conference on Multidisciplinary Sciences and Technology, 2020, vol. 1, no. 2020, pp. 14–17.
V. Z. Atina, A. Y. Mahmudi, and H. Abdillah, “INDUSTRY PREPARATION IN CEPER KLATEN ON SOCIETY 5.0,” Int. J. Econ. Bus. Account. Res., vol. 5, no. 2, 2021.
I. K. Anaam, T. Hidayat, R. Y. Pranata, H. Abdillah, and A. Y. W. Putra, “Pengaruh trend otomasi dalam dunia manufaktur dan industri,” in Vocational Education National Seminar (VENS), 2022, vol. 1, no. 1.
A. N. Arifin and F. A. Ristadi, “Relevansi Kompetensi Teknik Gambar Manufaktur di SMK Terhadap Kebutuhan Industri,” J. Din. Vokasional Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, p. 105, 2017, doi: 10.21831/dinamika.v2i2.15997.
A. Mahdane, M. Hubeis, and S. Kuswanto, “Pengaruh SKKNI dan Kompetensi SDM terhadap Pengembangan SDM di Unit Profesi SDM dalam Menghadapi Era MEA,” Manaj. IKM J. Manaj. Pengemb. Ind. Kecil Menengah, vol. 13, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.29244/mikm.13.1.1-9.
F. Pambudi, H. Abdillah, and W. Andriyanto, “Analisis pengaruh kecepatan putaran spindel terhadap kekasaran permukaan benda kerja pada proses pengerjaan mesin bubut,” Din. Tek. Mesin, vol. 12, no. 2, pp. 137–143, 2022.
H. Athallah, H. Abdillah, and A. Setiawan, “ANALISIS PENGARUH SUDUT PAHAT HSS TERHADAP UMUR PAHAT PADA PEMBUBUTAN BAJA ST-37.,” J. Energi dan Manufaktur Vol, vol. 15, no. 2, pp. 90–93, 2022.
L. N. F. Haely, H. Abizar, S. D. Ramdani, H. Abdillah, and A. Setiawan, “Effect of spindle speed and depth of cut on AISI 1045 material roughness on turning process,” in AIP Conference Proceedings, 2023, vol. 2671, no. 1.
F. Pambudi, H. Abdillah, D. Supriatna, and A. Mujib, “ANALISIS FAKTOR PENCAPAIAN KOMPETENSI KEAHLIAN PRAKTIK PENGOPRASIAN MESIN BUBUT SISWA KELAS XII SMKN 1 CIRUAS,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 10, no. 1, pp. 13–21, 2023.
S. Nurhaji, H. Abizar, H. Abdillah, S. D. Ramdani, and A. Alimin, “Metode pembelajaran conversation analysis and variation theory approach untuk meningkatkan hasil pengelasan smaw posisi 1f: Metode pembelajaran Conversation Analisys and Variation Theory Approach (CAVTA) pada praktik pengelasan SMAW,” J. Taman Vokasi, vol. 11, no. 1, pp. 51–66, 2023.
H. Abdillah, “Implementasi Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar Dengan Sistem CAD (Computer Aided Design) Siswa,” in National Education Conference, 2013, pp. 49–54.
H. Susilo, PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KEPROFESIONAL GURU DAN CALON GURU, vol. 6, no. 1. 2014.
J. Hartono, Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data - Google Books. 2018.
M. V. Iqbal, H. Abdillah, M. Fawaid, H. Abizar, and D. Supriyatna, “Model media pembelajaran dengan pengunaan aplikasi simulasi mesin bubut sebagai penunjang belajar siswa di SMK,” in Vocational Education National Seminar ( VENS ), 2022, pp. 90–95.
I. Magdalena, A. Fatakhatus Shodikoh, A. R. Pebrianti, A. W. Jannah, I. Susilawati, and U. M. Tangerang, “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi,” Ed. J. Edukasi dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 312–325, 2021.
R. Veronika, M. Nurtanto, I. Ikhsanudin, H. Abdillah, and N. Kholifah, “Studi literatur: Augmented reality pada dunia pendidikan sebagai kecenderungan belajar abad XXI,” in Vocational Education National Seminar (VENS), 2022, vol. 1, no. 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.