FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN TEACHING FACTORY DI SMKN 1 KRAGILAN KOTA SERANG

Dimas Aria Kusuma

Abstract


Pembelajaran teaching factory (TEFA) adalah model pembelajaran di
SMK berbasis produksi atau jasa yang mengacu pada standar,
prosedur,dan suasana seperti di industry. Pembelajaran teaching factory
diberikan oleh sekolah kejuruan pada siswa yang telah lulus agar
mereka siap untuk mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan mengunakan pendekatan tujuh parameter yang
bersumber pada instrument wawancara. Target penelitian ini adalah
peserta didik, guru produktif, ketua kompetensi, wakil kepala sekolah
bidang kurikulum dan kepala sekolah yang menjalankan teaching
factory di sekolah tersebut. Data dianalisis dengan menggunakan teknik
pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan SMKN 1 Kragilan belum sepenuhnya baik dalam penerapan model pembelajaran teaching factory. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengembangan teaching factory dengan cara melakukan wawancara oleh pihak sekolah. Dibuktikan dengan halnya proses pembelajaran hingga sampai dengan siswa tersebut lulus itu masih kurang dalam segi kompetensi. Karena beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan teaching factory di SMKN 1 Kragilan waktu dalam proses pembelajaran yang kurang maksimal, akibatnya siswa kurang menangkap pembelajaran dengan baik. Hal tersebut dapat diatasi dengan menerapkan proses pembelajaran teaching factory dalam mata pelajaran produktif, kegiatan managemen pelaksanaan teaching factory, pengelolaan bengkel atau laboratorium, pola pembelajaran training, pengorganisasian teaching factory, pelaksanaan, pengawasan, sumber daya manusia dalam pengelolaan teaching factory serta hubungannya dengan dunia industri.


Full Text:

PDF 37-42

References


Afriani, R., & Setiyani, R. (2019). Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, dan kematangan karir terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2).

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.

Arini, Y. S. W. E., Gunawan, W., & Subandowo, M. (2021). Pengembangan Modul IPA Terapan Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Pembelajaran Mandiri di SMK. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 72–82.

Ariyanto, R. H. M. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Smk Negeri 1 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(3).

Eriandra, R., Putra, W., Teknik, J., Fakultas, M., Universitas, T., & Malang, N. (2021). Pelaksanaan Teaching factory pada Bidang Pemesinan ditinjau Sarana Prasarana , Sumber Daya Manusia dan Dukungan Industri ( Studi Kasus di SMK PGRI 3 Malang ). 4(2019), 20–28.

Givana, O. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesiapan Smkn 6 Bandung Menghadapi Dunia Industri. Universitas Pendidikan Indonesia.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Lestari, B., & Pardimin, P. (2019). Manajemen Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Industri Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 113.

Nurhasanah, N., Ahman, E., & Yusuf, S. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Teaching factory. Jurnal Basicedu, 6(5), 7986–7993. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3723

Prasetiyo, B. (2020). Manajemen Teaching factory Pada Era Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Teknologi, 12(1), 12–18.

Pratiwi, M. (2019). Evaluasi Teaching Factory Model Cipp. 3(1), 414–421.

Putra, R. E. W. (2021). Pelaksanaan Teaching factory pada Bidang Pemesinan ditinjau Sarana Prasarana, Sumber Daya Manusia dan Dukungan Industri (Studi Kasus di SMK PGRI 3 Malang). Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 4(1).

Resmiati, E. (2021). Penguatan Kelembagaan Teaching Factory Berbasis Potensi Wilayah Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Provinsi Banten (Doctoral Dissertation, Universitas Pasundan).

Rini, L. S. Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo.

Risnawan, R. (2019). Manajemen Teaching factory Dalam Upaya Pengembangan Mutu Pembelajaran di SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 13. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3549

Rizky, D. A. F., Marji, M., & Tuwoso, T. (2018). Pengaruh dukungan industri terhadap keberhasilan siswa melaksanakan teaching factory. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 799–805.

Rohmah, W., Sari, D. E., & Wulansari, A. (2019). Pembelajaran Berbasis Teaching factory Di Smk Negeri 2 Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 78-85.

Rojihi, M. (2022). Rancangan Pembelajaran Inovatif Abad 21 Pada Materi Desain Interior dan Eskterior dengan Model Pembelajaran Smk Pada Jurusan Dpib SMK Negeri 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 119–130.

Rukmana, A. (2021). Keterserapan Lulusan Smk Negeri 1 Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin Dalam Dunia Kerja. Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Fatah Palembang.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.

Setiyadi, B. R., & Ramdani, S. D. (2016). Differences Of Seating Arrangements In Scientific Learning Approach In Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 31–46.

Suangga, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Teaching Factory Dan Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Pada Kelas Xi Smk N 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Sudiyono, S., Fajarini, C. D., Parwanto, P., Perdana, N. S., & Waspodo, R. M. (2019). Teaching factory: upaya peningkatan mutu lulusan dan strategi pendanaan di SMK. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Utama, F. Y. (2022). Kajian Tefa Pada Kompetensi Keahlian TKR di SMK Negeri 1 Kasiman Kajian Teaching Factory Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Negeri 1 Kasiman Menggunakan Analisis Swot. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 11(03), 75–80.

Wailanduw, A. G. (2018). Evaluasi Pelaksanaan dan Faktor-Faktor Penghambat dan Pendukung Teaching factory di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(1).

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234.

Widiatna, A. D. (2019). Teaching factory: arah baru manajemen sekolah menengah kejuruan di Indonesia. Pustaka Kaji.

Wijaya, M. B. R. (2022). Model pengelolaan teaching factory sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30(2).

Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, S., & Helmawati, H. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Masa Pandemi. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–6.

Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.