EFEKTIVITAS LITERASI SISWA SMK MENGGUNAKAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK

Hendi Firdaus, Syafrizal Syafrizal, Lukman Nulhakim

Abstract


Bahan ajar elektronik memiliki potensi besar dalam meningkatkan literasi siswa SMK, namun terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan bahan ajar elektronik dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektifitas penggunaan bahan ajar elektronik dibandingkan dengan bahan ajar cetak. Hal ini mengindikasikan bahwa bahan ajar elektronik dapat menjadi alternatif bahan ajar yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa SMK. Selain itu, siswa juga memberikan umpan balik positif terhadap penggunaan bahan ajar elektronik. Penelitian ini menyarankan perlunya pengembangan lebih lanjut bahan ajar elektronik yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa SMK pada bidang studi lainnya

Full Text:

PDF 32-36

References


R.Roro Rastrani Rahada Putri, K. Kaspul, and M. Arsyad, “Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah

Manusia Kelas XI SMA,” JUPEIS J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 2, pp. 93–104, 2022, doi: 10.55784/jupeis.vol1.iss2.46.

V. A. Destyana and J. Surjanti, “Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 1000–1009, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i3.507.

A. Aurora and H. Effendi, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 2, p. 11, 2019, doi: 10.24036/jtev.v5i2.105133.

E. Nuryasana and N. Desiningrum, “Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 5, pp. 967–974, 2020, doi: 10.47492/jip.v1i5.177.

G. Santoso, M. N. S. Hidayat, M. Murod, Susilahati, Solehudin, and M. Asbari, “Transformasi Literasi Informasi Guru Menuju

Kemandirian Belajar,” J. Pendidik. Transform., vol. 02, no. 01, pp. 100–106, 2023, doi: https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.130.

N. Zahoor, A. Zopiatis, S. Adomako, and G. Lamprinakos, “The micro-foundations of digitally transforming SMEs: How digital literacy and technology interact with managerial attributes,” J. Bus. Res., vol. 159, no. January 2022, p. 113755, 2023, doi: 10.1016/j.jbusres.2023.113755.

F. Yusmar and R. E. Fadilah, “Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab,” LENSA (Lentera Sains) J. Pendidik. IPA, vol. 13, no. 1, pp. 11–19, 2023, doi:

24929/lensa.v13i1.283.

V. Krajčík, O. Novotný, M. Civelek, and S. S. Zvolánková, “Digital Literacy and Digital Transformation Activities of Service and

Manufacturing SMEs,” J. Tour. Serv., vol. 14, no. 26, pp. 242–262, 2023, doi: 10.29036/jots.v14i26.551.

M. Afifulloh and M. Sulistiono, “Penguatan Literasi Digital melalui Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual,” Wikrama Parahita

J. Pengabdi. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 211–216, 2023, doi: 10.30656/jpmwp.v7i2.5346.

B. Mulyanti, W. Purnama, and R. E. Pawinanto, “Distance learning in vocational high schools during the covid-19 pandemic in West Java province, Indonesia,” Indones. J. Sci. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 271–282, 2020, doi: 10.17509/ijost.v5i2.24640.

Suharno, N. A. Pambudi, and B. Harjanto, “Vocational education in Indonesia: History, development, opportunities, and challenges,” Child. Youth Serv. Rev., vol. 115, no. May, p.

, 2020, doi: 10.1016/j.childyouth.2020.105092.

I. Maslova, G. Burdina, and I. Krapotkina, “The use of electronic educational resources and innovative educational technologies in university education,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 15, no. 16, pp. 68–79, 2020, doi: 10.3991/ijet.v15i16.14909.

I. U. Riwu, D. N. L. Laksana, and K. D. Dhiu, “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli

Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada,” J. Educ. Technol., vol. 2, no. 2, p. 56, 2019, doi:

23887/jet.v2i2.16182.

R. E. Ceria, M. W. Afgani, and R. Paradesa, “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Canva pada Materi Kubus dan Balok dengan Pendekatan PMRI Berorientasi Konteks Islam Melayu,” J. Educ. Math. Sci. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 82–94, 2022, doi: 10.30631/jemst.v5i2.84.

N. F. Yulaika, H. Harti, and N. C. Sakti, “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Peserta Didik,” JPEKA J. Pendidik. Ekon. Manaj. dan Keuang., vol. 4, no. 1, pp. 67–76, 2020, doi: 10.26740/jpeka.v4n1.p67-76.

F. Fitria, S. Sukardi, and N. Handayani, “Efektivitas Model Blended Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan

Berpikir Kritis Siswa,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 101–111, 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i1.1159.

E. H. Maya Istyadji, “Pelatihan Pembuatan dan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional pada Mata Pelajaran IPA SMP Berbasis Kearifan Lokal Lahan Basah,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 278–285, 2021, doi:

20527/btjpm.v3i3.3535.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.