IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KARAKTER DI SMK: PENDEKATAN DAN TANTANGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi manajemen kurikulum berbasis karakter di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya kompeten secara akademis dan teknis, tetapi juga memiliki integritas moral dan etika yang kuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di beberapa SMK di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kurikulum berbasis karakter di SMK menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan bagi guru, dan resistensi terhadap perubahan. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa dengan dukungan yang tepat dari pihak sekolah, orang tua, dan komunitas, program ini dapat berjalan dengan efektif dan memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter siswa. Penelitian ini menyarankan perlunya kebijakan yang lebih mendukung, pelatihan berkelanjutan bagi guru, dan kolaborasi yang lebih erat antara sekolah dan komunitas untuk mengatasi tantangan yang ada. Dengan demikian, manajemen kurikulum berbasis karakter di SMK dapat menjadi model pendidikan yang holistik dan berkelanjutan.
Full Text:
PDF 59-61References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. (2014). Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter. Yogyakarta: Gava Media.
Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. (2014). Kurikulum Berbasis Karakter: Konsep, Pengembangan, dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Kurikulum 2013: Panduan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kusuma, M. A. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Mulyasa, E. (2014). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konstruksi, Implementasi, dan Evaluasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur, A. S. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Prasetyo, H. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, N. (2014). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Rifa'i, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, A. (2014). Manajemen Kurikulum: Teori, Praktik, dan Inovasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taufik, A. (2014). Pembelajaran Kolaboratif: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibawa, A. (2014). Karakter Bangsa: Konsep, Pengembangan, dan Implementasi. Jakarta: Rajawali Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.