Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung

Ilham Effendy, Mustofa Abi Hamid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pre-test dan post-test  terhadap hasil belajar mata diklat HDW.DEV.100.2.A pada siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis data yang diperoleh berupa data primer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut: (1) hasil belajar siswa yang diberikan Pre test dan Post test lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan metode biasa (tanpa diberikan Pre test dan Post test). Siswa yang diberikan Pre test dan Post test nilai rata-ratanya (72.41) lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan metode biasa (59.05). (2) terdapat pengaruh pemberian pre-test dan post-test  terhadap hasil belajar mata diklat HDW.DEV.100.2.A pada siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung.

Keywords


hasil belajar; posttest; pretest

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1995). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bonate, P. L. (2000) Analysis of Pretest – Posttest Design. Boca Raton London New York Washington DC. Chapman & Hall/CRC

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Standar Kompetensi Nasional.

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (2002) Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Hamid, M. A., Nyeneng, I., & Rosidin, U. (2013). Perbandingan Penggunaan Feedback pada Lembar Jawaban Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Fisika melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pem-belajaran Fisika Universitas Lampung, 1(5).

Idris, Z. dan Jamal, L. (1992). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Maksan, M. (1993). Pedoman Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Padang: IKIP Padang Press.

Masidjo, I. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Prayitno, E. (1989). Motivasi dalam Belajar, Jakarta: P2LPK

Purwanto, M. N. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2004) Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Santoso, S. (2000) SPSS, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Slameto. (1998). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Suciati dan Irawan, P. (2001). Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (1996). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana. (1996). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanti, Y. (1995). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diberi Tes Awal dengan Siswa yang diberi Tes Akhir Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas I SMUN 3 Payakumbuh. Padang: UNP

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 (2003), Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: BP Cipta Jaya

Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta. Grasindo

Zaini, H., Munthe, B. dan Aryani, S. A. (2005). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

Zainul, A. dan Nasution, N. (2001). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : [email protected], [email protected], [email protected]
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170