The effectiveness of project-based learning in the course of industrial electrical installation practice

Oriza Candra, Elfizon Elfizon, Syaiful Islami, Rahmat Hidayat

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) pada Mata Kuliah Praktek Instalasi Listrik Industri di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis Penelitian ini adalah Quasy Experiment, subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi Teknik Elektro Industri (D4) Jurusan Teknik Elektro FT UNP yang mengambil Mata Kuliah Praktek Instalasi Listrik Industri. Dimana terdiri dari 2 Grup Praktek yang masing-masing berjumlah 16 orang. Instrumen yang digunakan adalah langkah-langkah dalam kinerja dan hasil produk. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata kinerja 82,3, sedangkan pada hasil penilaian produk diperoleh nilai rata-rata 88,75. Dari pencapaian hasil pembelajaran mahasiswa dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam kategori tinggi (45%), dan sangat tinggi (55%), Sehingga disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis proyek efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Keywords


Efektifitas; Hasil Belajar; Project Based Learning.

References


Abdi, A. (2010). Perbedaan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Desain Grafis pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Malang. Universitas Negeri Malang.

Alves, A. C., Mesquita, D., Moreira, F., & Fernandes, S. (2011). Teamwork in Project-Based Learning: engineering students’ perceptions of strengths and weaknesses. Int. Symp. Proj. Approaches Eng. Educ., 23–32.

di Gropello, E., Kruse, A., & Tandon, P. (2011). Skills for the Labor Market in Indonesia. https://doi.org/10.1596/978-0-8213-8614-9

Djamarah, S. B. (2014). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Islami, S., & Yondri, S. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Konvensional. In National Conference of Applied Engineering, Business and Information Technology, Politeknik Negeri Padang. ID.

Jaschke, S. (2015). Mobile learning applications for technical vocational and engineering education: The use of competence snippets in laboratory courses and industry 4.0. Proceedings of 2014 International Conference on Interactive Collaborative Learning, ICL 2014, (December), 605–608. https://doi.org/10.1109/ICL.2014.7017840

Knight, K., & Murphey, T. (2017). Soft Assembling Project-based Learning and Leadership in Japan, 21(1), 1–12.

Lee, J., Kao, H., & Yang, S. (2014). Service innovation and smart analytics for Industry 4 . 0 and big data environment. Procedia CIRP, 16, 3–8. https://doi.org/10.1016/j.procir.2014.02.001

Lee, N. (2013). A Conceptual Framework for Technology-Enhanced Problem-Based Learning in Construction Engineering and Management Education. Journal of American Society for Engineering Education.

Rojko, A. (2017). Industry 4.0 Concept: Background and Overview. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 11(5), 77. https://doi.org/10.3991/ijim.v11i5.7072

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, A. (2008). Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotor.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Talat, A., & Chaudhry, H. F. (2014). The Effect of PBL and 21st Century Skills on Students ’ Creativity and Competitiveness in Private Schools. THe Lahore Journal of Business, 2(Spring), 89–114.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v4i1.5351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : [email protected], [email protected], [email protected]
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170