Responsivitas Dinas Sosial Kabupaten Sleman dalam Menangani Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) (Studi Kasus di Desa Sidoarum)

Saraswati Rizqi Onilla, Retno Suryawati

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada penurunan tingkat ekonomi di Indonesia. Pemberian bantuan sosial menjadi upaya pemerintah dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi secara sosial dan ekonomi. Salah satunya yaitu Bantuan Sosial Tunai yang diberikan oleh Kementerian Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui responsivitas Dinas Sosial Kabupaten Sleman dalam menangani penyaluran Bantuan Sosial Tunai dengan studi kasus di Desa Sidoarum. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu beberapa informan dan sumber data sekunder berupa dokumen terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dan validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsivitas Dinas Sosial Kabupaten Sleman dalam menangani penyaluran Bantuan Sosial Tunai sudah responsif. Hal ini bisa dilihat dari: a) kemampuan Dinas Sosial Kabupaten Sleman mengenali kebutuhan masyarakat penerima BST sudah baik, b) kemampuan Dinas Sosial Kabupaten Sleman menyusun agenda dan prioritas pelayanan sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat penerima BST, dan c) kemampuan untuk mengembangkan program pelayanan dalam penyaluran BST yang dalam hal ini sudah memiliki beberapa program yang telah dilaksanakan. Rekomendasi yang diberikan untuk pemerintah adalah dapat memberikan edukasi bagi warga penerima BST tentang pemanfaatan penggunaan bantuan sosial agar dapat memenuhi kebutuhan pokok di saat pandemi.


References


Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. (2020). Kecamatan Godean Dalam Angka. Sleman: BPS Kabupaten Sleman.

Badan Pusat Statistik Provinsi D.I. Yogyakarta. (2021, July 2). Jumlah Penduduk menurut Kabupaten/Kota di D.I. Yogyakarta (Jiwa), 2018-2020. Retrieved from yogyakarta.bps web site: https://yogyakarta.bps.go.id/indicator/12/133/1/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota-di-d-i-yogyakarta-.html

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Herdini, F., & Widiyarta, A. (2020). RESPONSIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN NGANJUK. Public Administration Journal of Research, 2(1), 1-9.

Ihsanuddin. (2020, June 24). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Retrieved from nasional.kompas website: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia

Melati, & Zulkarnaini. (2021). Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Pasir Pengaraian. Journal Publicuho, Vol. 4, No. 1, 19-26.

Mufidah, N. (2021). Efektivitas Bantuan Sosial Tunai di Kelurahan Purwosari Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Jurnal Sosial Sains, 1(2), 82-92.

Muga, M. P., Kiak, N. T., & Maak, C. S. (2021). Dampak Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kelurahan Sikumana – Kota Kupang). OECONOMICUS Journal of Economics, Vol. 5, No.2, 105-112.

Pramanik, N. D. (2020). DAMPAK BANTUAN PAKET SEMBAKO DAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP MASYARAKAT PADALARANG PADA MASA PANDEMI COVID 19. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 1(12), 113-120.

Rukmana, N. S., & Ismail, I. (2020). Responsivitas Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kabupaten Sinjai. Jurnal Administrasi Publik, 16(1), 1-12.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, A. (2011). Good Corporate Governance. Edisi Pertama. Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jap.v13i1.13275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Publik

Jurnal Administrasi Publik site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 JAP, Jurnal Administrasi Publik. Journal is published by Laboratorium Administrasi Publik FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jalan Raya Palka Km 3, Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten 42163, Indonesia. Telepon: Telp: (0254) 280330 ext. 228, Email: jap@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Administrasi Publik

 

ISSN 2087-8923 | e-ISSN 2549-9319

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

 

 

Klik disini untuk melihat Grafik Stat Counter: