Inovasi Pelayanan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai

Indra Suhaeman, Haerana Haerana, Riskasari Riskasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan inovasi pelayanan berbasis online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teori Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan berbasis online belum efektif. Hal ini dikarenakan bahwa sejumlah masyarakat belum cakap digital sehingga memiliki kompetensi dalam penggunaan website layanan dengan baik serta terkendala jaringan internet yang belum memadai didaerah tertentu, tetapi terlepas dari itu semua, hadirnya layanan online bagi sebagian masyarakat yang cakap digital mengganggap bahwa inovasi ini sangat memudahkan dan memperlancar proses pengurusan layanan publik.


Keywords


inovasi, pelayanan publik, pelayanan perizinan

References


Agustina, I., & Sadad, A. (2017). Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Secara Elektronik (E-Billing) Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Tampan. Jom Fisip.

Asdar, M. (2018). Aplikasi Simpelmi Resmi Diluncurkan, Mengurus Perizinan Di Sinjai Kini Lebih Mudah.

Kemendagri. (2020). Jempol Sehati (Jemput Online, Sehat, Aman, Tertib dan Pasti).

Musabry, Burhanuddin, & Haerana. (2021). Inovasi Pelayanan Pada Pembuatan Akte Kelahiran Dan Akte Kematian Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Makassar. Kajian Ilmiah …, 2(April). Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/view/3756

Novayanti. (2019). Responsivitas Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kabupaten Sinja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Susianawati. (2018). Analisis Kesiapan Inovasi Layanan Sistem Informasi Manajemen Dan Pelayanan Perizinan Elektronik (Simppel) Di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban. Publika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jap.v13i1.15395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Publik

Jurnal Administrasi Publik site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 JAP, Jurnal Administrasi Publik. Journal is published by Laboratorium Administrasi Publik FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jalan Raya Palka Km 3, Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten 42163, Indonesia. Telepon: Telp: (0254) 280330 ext. 228, Email: jap@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Administrasi Publik

 

ISSN 2087-8923 | e-ISSN 2549-9319

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

 

 

Klik disini untuk melihat Grafik Stat Counter: