Implementasi Program Penggunaan Aplikasi Qlue dalam Penanganan Sampah di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang
Abstract
The purpose of this study is to determine and analyze the implementation of the Qlue application in waste management at the Environment and Hygiene Service. The research methodology was descriptive study with a qualitative approach. The results of the study indicate that the implementation of the qlue application, especially in the issue of waste management, has not been optimal. This is due to a lack of communication between implementers, as field implementers do not fully comprehend the qlue application's functionality. Due to a lack of socialization, many citizens in Kupang City are clueless of the qlue application. There are still limitations of both human resources and supporting facilities in terms of resources. Also, due to the various difficulties experienced in the field, there are differences knowledge and commitment among implementers. There are no special regulations regarding the use of the qlue application because it is not equipped with SOPs, especially in the field of waste management. The absence of a particular team or unit in reacting to waste reports via the application is the final point.
Keywords
Full Text:
PDF 161-178 (Indonesian)References
Buku:
Abidin, Said Zaenal. 2012. Kebijakan Publik. Edisi 2. Jakarta: Salemba Humanika
Agustino,L. (2008). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta
Alamsyah, Kamal. (2016). Kebijakan Publik Konse dan Aplikasi. Bandung: Media Citra Mandiri Press
Edwards III, George C. (1980). Implementing Public Policy.Washington D.C : Congressional Quarterly Press. Tersedia di archive.org
Purwanto, Erwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti. (2012). Implementasi Kebijakan Publik Konsep
Setywan, Dody. (2017). Pengantar Kebijakan Publik. Malang: Intelegensia Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Kombinasi(Mix Methods). Bandung: Alfabeta, cv
Suparno. (2017). Implementasi Kebijakan Publik Dalam Praktek. Sidoarjo: Dwi Putra Pustaka Jaya. Tersedia di https://www.academia.edu/.
Jurnal:
Nurhidayati, D. (2019). Does Digital Public Service Complaint Promote Accountability? A Comparative Analysis of Upik Yogyakarta and Qlue Jakarta. Policy & Governance Review, 3(2), 127-141. doi:10.30589/pgr.v3i2.139. Diakses pada tanggal 29 April 2021
Putra, Andrian H dan Maesarini, Indah W. (2018). Analisis Implementasi Kebijakan Jakarta Smart City berbasis Qlue dan Corp di Suku Dinas Perhubungan Jakarta timur. Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madan. Vol.5(1). Diakses dari http://ojs.stiami.ac.id/ pada tanggal 29 April 2021
Rahmawati, R., & Firman, F. (2017). Analisis Impelementasi Kebijakan Aplikasi Qlue Di Wilayah Jakarta Utara. ARISTO, 5(2), 386 - 404. doi:https://doi.org/10.24269/ars.v5i2.542 diakses pada tanggal 25 April 2021
Sari, R. F. (2018). Menilik Aplikasi Qlue Jakarta Smart City: Dinamika Transformasi Khalayak dalam Perspektif Ruang Publik. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(2), 103 - 122. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i2.85. diakses pada tanggal 29 April 2021
Muyu, Yulven Leonardo (2021). Efektivitas Aplikasi Qlue Manado Dalam Pelayanan Publik Studi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado. Jurnal Politico. Vol. 10(2). Dikases dari ejournal.unsrat.ac.id pada tanggal 20 Juni 2021
Dokumen:
Kesepakatan Bersama Antara PT. Qlue Performa Indonesia dengan Pemerintah Kota Kupang No. 016/Legal/PKS/QPI/03/2019 dan No.02/BAG.KS.KB/2019 tentang Pemanfaatan Aplikasi Qlue dan Dashboard di Lingkup Pemerintahan Kota Kupang
Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah
Internet:
Bahfein, Suhaiela. 2021.”7 Kota Indonesia Jadi Finalis "Smart City" Tingkat Asia-Pasifik”. https://www.kompas.com/properti?7-kota-indonesia-jadi-finalis-smart-city-tingkat-asia-pasifik?page=all diakses pada tanggal 29 Juni 2021
City, Qlue Smart. 2021.” Rayakan Ulang Tahun ke-5, Pertumbuhan Bisnis Qlue Naik 70% Selama 2020”. https://pressrelease.kontan.co.id/release/rayakan-ulang-tahun-ke-5-pertumbuhan-bisnis-qlue-naik-70-selama-2020 diakses pada tanggal 29 Juni 2021
Hidayat, Reja. 2018. “Pengaruh Qlue di Luar Jakarta”. https://tirto.id/pengaruh-qlue-di-luar-jakarta-cEDu diakses pada tanggal 29 Juni 2021
Imron, Maurila.2019.”Jawaban Dari Masalah Sampah di Indonesia”. zerowaste.id/knowledge/jawaban-dari-masalah-sampah-di-indonesia/ diakses pada tanggal 21 April 2021
Irwanto. 2017.”Sampah Indonesia rata-rata naik satu juta per tahun”. https://www.merdeka.com/peristiwa/sampah-indonesia-rata-rata-naik-satu-juta-ton-per-tahun.html diakses pada tanggal 21 April 2021
Jahang, Benediktus Sirdin Sulu . 2020. “Sangat tinggi, produksi sampah di Kota Kupang hingga 250 ton sehari” https://www.antaranews.com/berita/1793497/sangat-tinggi-produksi-sampah-di-kota-kupang-hingga-250-ton-sehari diakses pada tanggal 21 April 2021
Kumairoh. 2019. “Pemkot Kupang Manfaatkan Qlue untuk Menuju Smart City”.https://www.wartaekonomi.co.id/read242909/pemkot-kupang-manfaatkan-qlue-untuk-menuju-smart-city diakses pada tanggal 21 April 2021
Rebon, Dionisius. 2020.”Rudi Rohi Soroti Persoalan Air Bersih dan Sampah di Kota Kupang” https://kupang.tribunnews.com/2020/10/24/rudi-rohi-soroti-persoalan-air-bersih-dan-sampah-di-kota-kupang diakses pada tanggal 21 April 2021
Reme, Aven. 2020. “Gubernur: Desain Penanganan Sampah di Kota Kupang Harus Jelas. http://bappelitbangda.nttprov.go.id/portal/index.php/item/794-gubernur-desain-penanganan-sampah-di-kota-kupang-harus-jelas diakses pada 29 juni 2021
Sub Bagian Hukum- BPK Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur. 2019. “Menuju Kupang Smart City Pemkot Kupang dan Kominfo Launching 10 Titik Hotspot”.https://ntt.bpk.go.id/wp-content/uploads/2019/10/Menuju-Kupang-Smart-City-Pemkot-Kupang-dan-Kemkominfo-Launcing-10-Titik-Hotspot.pdf diakses pada tanggal 29 Juni 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jap.v13i2.15668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Publik
Laboratorium Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sultas Ageng Tirtayasa Serang, Banten, Indonesia.
Telp: (0254) 280330 ext. 228, Email: [email protected]