1. Persyaratan Umum
Naskah yang dikirimkan hendaknya belum pernah dimuat dalam media publikasi apapun. Jika merupakan perbaikan dari presentasi dalam konferensi ilmiah, maka hal tersebut harus dinyatakan secara jelas dalam bentuk endnote. Pedoman bagi penulis manuskrip dapat dijabarkan sebagai berikut.
A. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris menggunakan MS Words dengan font Arial, ukuran 11 pts untuk isi, spasi 1,0 sepanjang 12-20 halaman sudah termasuk abstrak dan dafpus.
B. Istilah-istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah dalam teks ditulis dalam huruf miring (italic).
C. Penyajian tabel dengan posisi center, judul tabel diberi nomor, berada di atas tabel dengan huruf besar pada awal huruf. Format tabel tanpa garis vertikal, sumber tabel dituliskan pada bagian bawah tabel.
D. Penyajian gambar dengan posisi centre, judul gambar , diberi nomor, berada di bawah gambar dan dimuat sumbernya.
E. Sumber Rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
F. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah, dan yang berkaitan dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis adalah menjadi tanggung jawab penulis artikel dan tidak terdeteksi turnitin lebih dari 20%.
G. Disubmit dalam format MS Words.
H. Proses submission pengiriman hasil review hingga penerbitan dilakukan melalui website https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jap
2. Struktur dan Ketentuan Artikel
Sistematika artikel hasil penelitian adalah : Judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); instansi penulis; alamat penulis; email penulis; abstrak (maksimum 250 kata); kata kunci; pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang dan tujuan penelitian, teori yang digunakan dan tinjauan pustaka berupa penelitian-penelitian terdahulu; Metode Penelitian (berisi metodologi dan metode penelitian yang digunakan), Hasil Penelitian; Pembahasan (dapat dibagi-bagi dalam sub-sub bagian); penutup atau Simpulan; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
A.) Judul, Maksimal 14 kata dalam Bahasa Indonesia atau 10 kata dalam Bahasa Inggris. Lugas, menarik dan mencerminkan isi naskah.
B.) Nama Penulis, Ditulis tanpa gelar, dilengkapi dengan nama dan alamat lembaga, kode pos serta email untuk korespondensi.
C.) Abstrak (Abstract), Tulisan ringkas, maksimal 250 kata, menggambarkan keseluruhan isi naskah, meliputi: masalah, tujuan, metode, hasil, dan simpulan. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia (Jika naskah berbahasa Inggris atau Bahasa Inggris (Jika naskah berbahasa Indonesia). Abstrak ditulis dalam font arial 11 spasi dan italic.
D.) Kata Kunci (Keywords), Konsep-konsep kunci yang digunakan dalam naskah, maksimal 5 kata kunci secara alfabetis.
E.) Pendahuluan, Memuat latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian, teori yang digunakan dan tinjauan pustaka berupa penelitian-penelitian terdahulu yang diacu dalam penelitian ini.
F.) Metode, Menjelaskan metodologi dan metode penelitian yang dilakukan.
G.) Hasil, Data-data yang diperoleh dalam penelitian baik berupa narasi, gambar, tabel, ataupun grafik. Gambar, tabel dan grafik harus disertai keterangan judul dan sumber.
H.) Pembahasan, Merupakan interpretasi data-data hasil penelitian dengan menggunakan teori yang sesuai serta menjawab permasalahan yang disampaikan dalam pendahuluan. Bisa dibandingkan juga dengan hasil penelitian lain yang dimuat dalam tinjauan literatur.
I.) Simpulan, Memuat garis besar penelitian dan jawaban dari penelitian ini terhadap masalah yang dikemukakan dalam pendahuluan.
J.) Daftar Pustaka, Ditulis alfabetis dengan gaya APA edisi ke-6.
3. Cara Submit Jurnal
Berikut ini contoh video submit jurnal https://www.youtube.com/watch?v=BgKRB_2ppdM