ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA DI KAMPUNG KRAMAT TANJUNG DESA BUNIHARA KECAMATAN ANYER KABUPATEN SERANG
Abstract
Agrowisata di desa Kramat Tanjung desa Bunihara terdiri dari tiga pengusaha agrowisata. Ketiga
perusahaan muncul di kedua bidang pertanian dan bidang agrowisata. Agrowisata di desa Kramat
Tanjung desa Bunihara dibangun pada tahun 2012 yang berfokus dalam bisnis agrowisata. Saat
bisnis berjalan, tempat ini menghadapi banyak masalah internal dan eksternal. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan serta
merumuskan strategi alternatif untuk mengembangkan bisnis. Analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah faktor internal dan eksternal, IFE Matrix, EFE matriks, matriks IE, dan matriks
SWOT. Berdasarkan matriks SWOT, strategi alternatif yang diberikan untuk mengembangkan
agrowisata ini dibagi menjadi empat. Yang pertama adalah S-O Strategi: 1) menambahkan fasilitas
lain seperti restoran, outbound, pariwisata edukatif, sehingga dapat mengundang lebih banyak
pengunjung dan mengembangkan obyek wisata baru inovatif. yang kedua adalah strategi W-O,
adalah: 1) meningkatkan promosi dengan media cetak dan media elektronik yang lebih efektif, dan
juga membuat paket khusus dari pariwisata bagi pengunjung. 2) Menerapkan pelatihan dan
mengembangkan sumber daya manusia. Yang ketiga adalah strategi S-T, 1) meningkatkan kualitas
layanan dan produk dengan menonjolkan karakteristik sendiri, sehingga pelanggan merasa puas
dengan layanan dan fasilitas. Strategi terakhir adalah strategi W-T, 1) menciptakan sistem
manajerial, khususnya di bidang keuangan dan operasional. 2) Apakah yang bekerja sama bekerja
dengan pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur rute, membantu promosi pariwisata daerah.
perusahaan muncul di kedua bidang pertanian dan bidang agrowisata. Agrowisata di desa Kramat
Tanjung desa Bunihara dibangun pada tahun 2012 yang berfokus dalam bisnis agrowisata. Saat
bisnis berjalan, tempat ini menghadapi banyak masalah internal dan eksternal. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan serta
merumuskan strategi alternatif untuk mengembangkan bisnis. Analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah faktor internal dan eksternal, IFE Matrix, EFE matriks, matriks IE, dan matriks
SWOT. Berdasarkan matriks SWOT, strategi alternatif yang diberikan untuk mengembangkan
agrowisata ini dibagi menjadi empat. Yang pertama adalah S-O Strategi: 1) menambahkan fasilitas
lain seperti restoran, outbound, pariwisata edukatif, sehingga dapat mengundang lebih banyak
pengunjung dan mengembangkan obyek wisata baru inovatif. yang kedua adalah strategi W-O,
adalah: 1) meningkatkan promosi dengan media cetak dan media elektronik yang lebih efektif, dan
juga membuat paket khusus dari pariwisata bagi pengunjung. 2) Menerapkan pelatihan dan
mengembangkan sumber daya manusia. Yang ketiga adalah strategi S-T, 1) meningkatkan kualitas
layanan dan produk dengan menonjolkan karakteristik sendiri, sehingga pelanggan merasa puas
dengan layanan dan fasilitas. Strategi terakhir adalah strategi W-T, 1) menciptakan sistem
manajerial, khususnya di bidang keuangan dan operasional. 2) Apakah yang bekerja sama bekerja
dengan pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur rute, membantu promosi pariwisata daerah.
Keywords
Agro, dan Analisis SWOT.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33512/jat.v9i1.1118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Gugun Gunawan, Sariyoga Sariyoga, Muhamad Wahyu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office
Jurnal Agribisnis Terpadu
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Raya Palka KM. 03 Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang,
Provinsi Banten 42163 Telp. (0254) 3204321
Email: [email protected]