Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Mengonsumsi Produk Minuman Kopi di Coffee Shop Studi Kasus Sekutu Kopi
Abstract
Abstract : This study aims to determine costumer satisfaction and loyalty in consuming coffee beverage products in the coffee shop case study at Sekutu Kopi Solo. The basic research method is descriptive. The research located at Sekutu Kopi Solo. Sampling using purposive sampling method. The number of research samples is 102 respondents. The data used are primary data and secondary data. Data collection was carried out using questionnaires and interviews. The data analysis method used are descriptive statistics and Structural Equation Modeling (SEM) analysis. Data processing in this study used the SmartPLS version 3 software. The results showed that Sekutu Kopi costumers based on gender were dominated by male costumers, based on age dominated by the age range of 20-24 years, based on domicile dominated by respondents from Surakarta and surrounding areas , based on education level dominated by respondents with the last education level of high school, based on work dominated by students, and based on income dominated by income of more than IDR3,500,000.00. Research shows service, price, and taste variables have a positive and significant effect on costumer satisfaction. The costumer satisfaction variable has a positive and significant effect on costumer loyalty. Service, price, and taste variables have a positive and significant impact on costumer loyalty. Service, price, and taste variables have a positive and significant effect on costumer loyalty partially mediated by customer satisfaction.
Keywords: satisfaction, loyalty, coffee shop
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan dan loyalitas konsumen dalam mengonsumsi produk minuman kopi di coffee shop studi kasus di Sekutu Kopi Solo. Metode dasar penelitian yaitu deskriptif. Lokasi penelitian yaitu Sekutu Kopi Solo. Pengambilan sampel meggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 102 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan aplikasi perangkat lunak SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Sekutu Kopi berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh konsumen laki-laki, berdasarkan usia didominasi oleh rentang usia 20-24 tahun, berdasarkan domisili didominasi oleh responden asal Surakarta dan sekitarnya, berdasarkan tingkat pendidikan didominasi oleh responden dengan tingkat pendidikan terakhir SMA, berdasarkan pekerjaan didominasi oleh pelajar/mahasiswa, dan berdasarkan pendapatan didominasi oleh pendapatan lebih dari Rp3.500.000,00. Penelitian menunjukkan variabel pelayanan, harga, dan cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel pelayanan, harga, dan cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel pelayanan, harga, dan cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dimediasi dengan kepuasan konsumen secara parsial.
Kata Kunci : kepuasan, loyalitas, kedai kopi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) : Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (D. Prabantini (ed.); 1st ed.).
Abdullah. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.
Ardiana, S. (2013). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Coffee Shop Rocketz di Solo. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10188%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/10188/1/L100060015.pdf
Chairunnisa, P. (2021). Analisis Pengaruh Service Quality, Physical Environment, Perceived Value, dan Customer Satisfaction terhadap Repurchase Intention Produk Agradaya. In Paper Knowledge . Toward A Media History of Documents.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 4 (4th ed.).
Ghozali, I. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegori.
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty. Erlangga.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. In Practical Assessment, Research and Evaluation (Vol. 21, Issue 1).
Kartikasari, D. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan Merek Indomie). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).
Kotler, P., & Keller, K. . (2018). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.
Medias, F. (2018). Ekonomi Mikro Islam. UNIMMA PRESS.
Memon, M. A., Ramayah, T., Cheah, J., Ting, H., Chuah, F., & Cham, T. H. (2021). PLS-SEM Statistical Programs : A Review. 5(1). https://doi.org/10.47263/JASEM.5(1)06
Morrisan, M. (2012). Metode Penelitian Survei. Kencana.
Sarwono, J. (2016). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan PLS-SEM. Penerbit Andi.
Sholikhah, A. (2016). STATISTIK DESKRIPTIF DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Komunika, 10(2), 342–362.
Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online Dengan Google Forms. Penerbit Andi.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4 (Penerbit A).
Triana, D., & Oktavianto, W. O. (2013). Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi Di Provinsi Banten. Fondasi : Jurnal Teknik Sipil, 2(2), 182–190. https://doi.org/10.36055/jft.v2i2.1732
Trianingsih, W., Yusup, Y., & Utomowati, R. (2021). Studi Keruangan Kedai Kopi dan Ekonomi Kognitif-Budaya di Kota Surakarta Tahun 2019. GEADIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Geografi UNS, 1(1), 39–49.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jat.v17i2.23918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Vimala Dewi Sakya Putri, Joko Sutrisno, Fanny Widadie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office
Jurnal Agribisnis Terpadu
Jurusan Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Raya Palka KM. 03 Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang,
Provinsi Banten 42163 Telp. (0254) 3204321
Email: [email protected]