Strategi Pemasaran Agrowisata Waru Farm Land di Desa Tegal Waru Kabupaten Bogor Jawa Barat

Deliza Hidayah, Dian Anggraeni, Aris Supriyo Wibowo, Tatang Sutisna

Abstract


Agrowisata Waru Farm Land merupakan destinasi wisata yang memadukan konsep wisata, edukasi, dan aktivitas wisata alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran Agrowisata Waru Farm Land di Desa Tegal Waru, Kabupaten Bogor, serta merumuskan strategi pemasaran yang efektif dan prioritas untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Data analisis dengan menggunakan matriks IFE, EFE, SWOT dan QSPM. Analisis IFE dan EFE mengidentifikasi 8 kekuatan, 6 kelemahan, 5 peluang, dan 4 ancaman untuk Agrowisata Waru Farm Land. Hasil penelitian menunjukkan skor IFE dan EFE, masing-masing sebesar 3,263 dan 3,294 menempatkan destinasi ini dalam kategori tumbuh dan berkembang. Analisis matriks SWOT menunjukkan 10 alternatif strategi yang dapat diimplementasikan oleh Agrowisata Waru Farm Land. Strategi utama yang diprioritaskan adalah melakukan promosi secara konsisten di media sosial dengan konten yang edukatif, memanfaatkan tren pariwisata dan teknologi, dengan skor STAS sebesar 5,213. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan memperkuat daya saing agrowisata secara berkelanjutan.
 

Keywords


agrowisata, matrik SWOT, matriks QSPM, strategi pemasaran, waru farm land

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2011. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Mola

As’ad & Fridiyanto. 2021. Manajemen Strategik. Malang. CV. Literasi Nusantara Abadi

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor. 2023. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bogor : BPS Provinsi Jawa Barat

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor. 2024. Kecamatan Ciampea Dalam Angka 2024 Vol 34. Bogor : BPS Kabupaten Bogor

Budiarto, Teguh. 1993. Dasar Pemasaran. Jakarta. Gunadarma

David, Fred R. 2011. Strategic Management. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat

Fawzi, M.G.H, dkk. 2022. Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan. Pascal books

Kurniawati, R & Marlena, N. 2020. Analisis SWOT Sebagai Dasar Perencaan Strategi Pemasaran Pada Agrowisata BELIMBING Karangsari Kota Blitar. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia., Vol 6(2):191-203

Kristiani, W. K, dkk. 2024. Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Agrowisata Linggayoni. Jurnal Bosparis, Vol 15(1).

Maulidah, Silvana. 2012. Pengantar Manajemen Strategis. Malang. Perpustakaan Nasional Katalog dalam terbitan (KDT)

Mavitri, V & Barusman, T.M. 2022. Analisis Strategi Pemasaran Villa Garednia Dalam Upaya Menarik MinatPengunjung Pada Masa Pandemi Covid -19. .Sibatik Journal, Vol 1(9)

Mandataris, dkk. 2024. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Agrowisata Terpadu. Sumedang. CV.Mega Press Nusantara. K Temiangan Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi (EMT)

Manullang, B.N. 2024. Analisis Strategi Pemasaran Bukit Muncak Temiangan Kabupaten Lampung Barat. Jurnal EMT KITA, Vol 8 (1): 32-41

Mujito, dkk. 2023. Manajemen Pemasaran. Tasikmalaya. Edu Publisher

Noviana, dkk . 2023. Strategi Pemasaran Agrowisata Danau Laet di Kabupaten Sanggau. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), Vol 7(2): 600-614

Oktarini, Riri. 2022. Buku Ajar Strategis Pemasaran. Surabaya. Cipta Media Nusantara

Rahmawati, E.O & Susanti, E.D. 2024. Strategi Marketing Mix dalam Pengembangan Usaha Berdasarkan Analisis Product Life Cycle (PLC) : Studi pada Usaha Maharaja Garment Bangkala. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Kenangan & Bisnis Syariah. Vol 6 (6):4810-4827

Rangkuti, Fredy. 2022. Analisis SWOT : Teknik membedah kasus bisnis. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama

Setyorini, H & Effendi, M. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus:Restoran WS Soekarno Hatta Malang. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1): 46-53

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif /Kualitatif Dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta : Andi Yogyakarta

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta : Andi

Qanita, A. 2020. Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Planning Matrix) Studi Kasus Pada D’gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Jurnal Ilmiah Manajemens,Vol 1(2).

Yunus, Eddy. 2016. Manejemen Strategis .Yogyakarta. Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jat.v18i1.34372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Deliza Hidayah, Dian Anggraeni, Aris Supriyo Wibowo, Tatang Sutisna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office

Jurnal Agribisnis Terpadu

Jurusan Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM. 03 Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang,

Provinsi Banten 42163 Telp. (0254) 3204321

Email: [email protected]