Analisis Kapasitas Dan Tingkat Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang Palima

Arief Budiman, Dwi Esti Intari

Abstract


Simpang Palima adalah simpang dengan empat lengan yang dilengkapi dengan sinyal lampu lalu lintas. Simpang yang terletak di Kota Serang, Banten ini menghubungkan antara Jalan Raya Serang – Pandeglang, Jalan Raya Palka, dan Jalan Syekh Moh. Albantani.
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis berapa besar kapasitas dan tingkat kinerja simpang bersinyal di Simpang Palima, mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi kapasitas simpang bersinyal, dan mengetahui bagaimana alternatif pemecahan masalah pada kinerja Simpang Palima tersebut. Penelitian simpang bersinyal ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kapasitas Simpang Palima pada pendekat utara yaitu sebesar 803 smp/jam, pendekat Selatan yaitu 1087 smp/jam, pendekat Barat yaitu 369 smp/jam, dan pendekat Timur yaitu 826 smp/jam. Berdasarkan hasil penelitian pada Simpang Palima dapat diketahui bahwa simpang mendekati jenuh dikarenakan pada pendekat Utara menghasilkan derajat kejenuhan (ds) sebesar 0,96 (ds > 0,75 ; jenuh), sedangkan pendekat Selatan, Barat dan Timur menghasilkan derajat kejenuhan (ds)masing – masing sebesar 0,52, 0,21, 0,31 (ds < 0,75 ; tidak jenuh). Panjang antrian tertinggi 97 m, besar nilai angka henti seluruh pada simpang adalah 0,75 stop/smp, dan tundaan rata – rata simpang yang dihasilkan adalah 41,96 det/smp dan masuk tingkat pelayanan simpang (LOS) dengan tingkat E (40 – 60 det/smp). Untuk meningkatkan kinerja Simpang Palima dilakukan alternatif perbaikan jangka pendek dengan melakukan koordinasi lampu hijau dimana hasil derajat kejenuhan yang dihasilkan untuk pendekat Utara = 0,37, pendekat Selatan = 0,25, pendekat Barat = 0,14, dan pendekat Timur = 0,21. Tingkat pelayanan simpang meningkat menj adi B (5 – 15 detik)


Keywords


Derajat kejenuhan, kapasitas,panjang antrian, simpang bersinyal, tundaan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v5i1.1248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft