Inovasi Penggunaan Serat Masker dan Botol Plastik Pada Campuran Beton Ramah Lingkungan

Oktavia Kurnianingsih, Canggih Gilang Pradana H.S, Ardia Tiara Rahmi

Abstract


Inovasi bahan tambah dalam pembuatan beton semakin berkembang. Penggunaan bahan tambah pada campuran beton akan mengurangi eksploitasi sumber daya alam. Salah satu cara mengurangi ekspoiltasi dari penggunaan bahan campuran pada beton adalah penggunaan bahan tambah dari limbah. Penggunaan bahan dari limbah adalah upaya dari meningkatkan daya dukung lingkungan. Penggunaan bahan dari limbah dalam pembuatan beton akan menjadikan beton tersebut ramah lingkungan. Penyusun agregat beton ramah lingkungan menggunakan sisa dari bahan limbah botol plastik dan serat masker. Produksi masker yang semakin meningkat akibat covid-19 dan penggunaan botol plastik yang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan menggunakan sisa limbah dari botol plastik jenis PET dan masker sebagai salah satu pengganti agregat penyusun dari beton. Bahan tambah masker dan botol plastik dibuat bervariasi dengan bahan penyusun utama beton. Botol plastik dan masker merupakan bahan dari plastik yang membutuhkan waktu lama dalam proses penguraianya. Proses pencampuran variasi masker dan botol plastik dengan pencacahan sehingga menghasilkan serat yang bisa digunakan dalam campuran beton. Pengujian kuat tekan beton dilaksanakan sesuai umur rencana beton. Dari hasil pengujian kuat tekan didapatkan bahwa penggunaan variasi masker tersbesar dan variasi botol plastik terkecil yang mempunyai kuat tekan paling besar dibandingkan dengan komposisi variasi lainya.  Inovasi bahan tambah dari limbah ini merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk beton ramah lingkungan.


Keywords


Beton, ramah lingkungan, masker, botol plastik, kuat tekan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andardi, F. R., & Prasetyo, L. Pengaruh Penggunaan Limbah Beton sebagai

BahanPengganti Agregat Kasar dan Agregat Halus Berdasarkan Grafik Fuller pada Campuran Beton Terhadap Kuat Tekan. (Rekayasa Sipil, 11(1), 1. 2022).

Apriliya, R., Bahar, S. B., & Sayfullah, Muh.. Pengaruh Kuat Tekan Beton dengan Menggunakan Bahan Tambah Botol Plastik Kemasan Air Mineral Jenis Polyethylene Terephthalate (Pet). SCEJ (Shell Civil Engineering Journal, 6(1), 39–45. 2021)

Dwiyana Putra, I. M. O., Sugiartha, I. N. G., & Suryani, L. P. Pengelolaan Sampah Plastik Rumah Tangga dalam Rangka Pencegahan Pencemaran Lingkungan (Study di Lingkungan Kelurahan Pedungan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar). Jurnal Konstruksi Hukum, 2(1), 86–91 2021)

Modesta, E. Pengaruh Penggunaan Botol Plastik Polyethylene Terephthalate (Pet) Sebagai Tambahan Serat Terhadap Kekuatan Beton. 8. 2019)

Rahmayanti, H. D. Kajian Struktur Serat dan Porositas Masker Udara. 9.2018)

Sulaiman, L., & Adriansyah, M. R. Studi Penambahan Serat Polypropylene Yang Terkandung Pada Masker Medis Terhadap Kuat Tekan Mortar. 5.2021)

Sumiarsih, S., & Sarumi, R. Penyuluhan Dampak Limbah Masker Bekas Pakai (Medis dan Non Medis) Terhadap Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11, 8. 2021).

Tantawi, H.. Introduction to Concrete Technology. (2015)

Umasabor, Richie. I., & Daniel, Samuel. C.. The effect of using polyethylene terephthalate as an additive on the flexural and compressive strength of concrete. Heliyon, 6(8), e04700. (2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fondasi.v11i2.16817

Refbacks



 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft