Analisis Potensi Kekeringan DAS Ciujung Provinsi Banten

Restu Wigati, Soedarsono Soedarsono, Ahmad Faqih Irsyad, Sulastri Oktaviani, Rahmad Permadi

Abstract


Letak geografis diantara dua benua dan dua samudra serta letak di sekitar garis khatulistiwa merupakan faktor klimatologis penyebab banjir dan kekeringan di Indonesia. Posisi geografis ini menyebabkan Indonesia berada pada belahan bumi dengan iklim monsoon tropis yang sangat sensitif terhadap anomali iklim El Nino Southern Oscillation (ENSO) penyebab terjadinya kekeringan. Kurangnya informasi mengenai awal, akhir dan besarnya kekeringan dijadikan dasar perkiraan terhadap dampak yang mungkin terjadi sehingga upaya mitigasi dapat dilakukan secepat mungkin jauh sebelum dampak terjadi. Luas Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciujung 1.987 km2 dengan Sungai Ciujung sebagai sungai terbesar di Provinsi Banten fungsi utamanya adalah sebagai daerah irigasi sangat erat kaitannya dengan kekeringan, karena dapat berpengaruh pada kestabilan ekonomi khususnya pada bidang pertanian. Untuk itu perlu dilakukan observasi dengan menganalisis kekeringan meteorologi yang merupakan besaran curah hujan yang terjadi dibawah kondisi normal pada suatu musim. Pada kajian penelitian ini metode Standardized Precipitation Index (SPI) digunakan untuk mengidentifikasi tingkat kekeringan untuk durasi 1; 3; 6 dan 12 bulan. Berdasarkan historis hujan tahun 1998-2014 menunjukan kekeringan terparah untuk SPI-1 terjadi pada September 2006 dengan indeks -3,79; SPI-3 terjadi pada November 2006 degan indeks -3,68; SPI-6 terjadi pada Juli 2003 dengan indeks -3,26 dan SPI-12 terjadi pada Juni 2003 dengan indeks -3,81.  Pola kekeringan terjadi pada pertengahan tahun di bulan Juni-September dengan jumlah defisit terbesar terjadi di bulan Juli – Agustus dengan tingkat kekeringan normal berdasarkan rata-rata bulanan.


Keywords


Kekeringan, DAS Ciujung, Standardized Precipitation Index

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v9i1.7632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft