PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN EKSPOSITORI PADA KONSEP ENERGI

Citra Nur Kesumaningrum, A Syachruroji

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebosanan siswa saat belajar karena kecenderungan penggunaan model pembelajaran ekspositori, yang berdampak pada rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, sekitar 60,8 % nilai UAS IPA siswa masih di bawah standar KKM yang ditentukan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan ekspositori terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa, khususnya pada konsep energi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karawaci Baru 3 Kota Tangerang tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Non-Probability Sampling tipe Purposive Sampling untuk memilih 2 kelas sebagai subjek penelitian. Pada penelitian ini, kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan model pembelajaran ekspositori.

 

Kata Kunci : Make A Match, Ekspositori, Hasil Belajar Kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam.

 

 

 

Abstract. This research was backgrounded by students’ boredom when they learned because of the expository learning model using tendencies, which affects the low ability of understanding the concept and cognitive learning result in science subjects. Based on preliminary studies conducted by researcher, about 60.8% value of students’ science test were below the criteria of minimum score that has been specified. One of the effort to overcome these problems was used cooperative learning model type make a match. The purpose of this research was to know the differences of cooperative learning model type make a match and expository toward students’ science cognitive learning result, especially on the concept of energy. This research was conducted in SD Negeri Karawaci Baru 3 Kota Tangerang on 2015/2016. The method which used was a quasi-experimental research with Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique which used was Non-Probability Sampling type purposive sampling to selected two classes as a research subject. In this research, the IV A as a control class and IV B as the experimental class.

 

Keywords: Make A Match, Expository, Cognitive Learning Result, Sciences


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v2i2.797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar


JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats

JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: [email protected]