Pengaruh Kepercayaan dan Keselarasan Tujuan terhadap Kinerja Rantai Pasokan (Pelaku UMKM Industri Tekstil di Kabupaten Tangerang-Banten)

Mohammad Mukhsin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador (X1) dan event sponsorship (X2) terhadap purchase intention (Y) melalui brand image (Z) sebagai variabel intervening pada produk smartphone Vivo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang bukan merupakan pengguna smartphone Vivo. Sampel penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan alat analisis SmartPLS.3.0 versi pelajar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Brand ambassador berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap purchase intention, (2) Event sponsorship berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap purchase intention, (3) Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. (4) Event sponsorship berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. (5) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (6) Brand image mampu memediasi hubungan pengaruh brand Ambassador dengan purchase intention (7) Brand image mampu memediasi hubungan pengaruh event sponsorship dengan purchase intention.


Keywords


manajemen; keuangan; pemasaran; operasi; sumber daya manusia

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono, J. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Albar, Berri Brilliant. 2011. Pengaruh Sponsorship Copa Indonesia terhadap Citra Merek Dji Sam Soe. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Volume 2, Nomor 3, September 2011. ISSN : 2086 – 5031

Anggi, V. F., & Soesanto, H. 2016. Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Selebriti Endorser pada Promo Adaaqua terhadap Minat Beli AMDK Merek Aqua dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 di Jawa Tengah dan DIY). Diponegoro Journal Of Management, 5(3), 1–14.

Augusty, Ferdinand. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Azhar, P. N., Widyastuti. 2014. Pengaruh Daya Tarik Iklan terhadap Niat Beli Produk Fresh Care melalui Brand Image. Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 2 Nomor 4 Oktober 2014

Belch, G. E., & Belch, M. a. 2007. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. Learning, 4th, 668.

Byun, E. M. 2014. Impact of K-Pop Celebrity Endorsement on Thai Brand Image. Proceedings of ASBBS, 21(1), 134–148.

Cece, I. Sen. 2015. Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth di Sogo Galaxy Mall Surabaya. Manajemen Kinerja, 1(2), 101–110.

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel., 2001, Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Chinomona, R., Okoumba, L., & Pooe, D. 2013. The Impact of Product Quality on Perceived Value, Trust and Students’ Intention to Purchase Electronic Gadgets. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(14), 463-472.

Djaslim Saladin. 2012. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Pelaksanaan, Unsur-unsur Pemasaran, CV. Linda Karya, Bandung.

Eagleman, Andrea N, Krohn, B. D. 2012. Sponsorship Awareness, Attitudes, and Purchase Intentions of Road Race Series Participants. Sport Marketing Quarterly, Vol. 21, pp. 210-220.

Gita, Devi., Setyorini R. 2016. Effect Of Brand Ambassador To The Brand Image Of Online Company From Zalora.Co.Id. e-Proceeding of Management. Vol.3, No.1 April 2016. ISSN : 2355-9357

Haryantana, I P.G. H; Ekawati, Ni Wayan. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, v. 4, n. 9, oct. 2015. ISSN 2302-8912

Jalilvand, M. R., Samiei, N. 2012. The Effect Of Electronic Word Of Mouth On Brand Image And Purchase Intention An Empirical Study In The Automobile, 460–476.

Keegan, Warren, J. 2015 “ Global Marketing Management ”, Eight Edition, Upper Saddle River, New Jersey,.

Keller, K. L. 2013. Strategic Brand Management. Fourth Edition. Upper Sadle River. NJ Pearson Education Internasional.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., dan Armstrong, G. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler,P., dan Keller, K. L. 2012. Marketing Management. 14th Edition. New Jersey, US : Pearson Eduation,Inc.

Lupiyoadi, Rambat dan Ikhsan, Ridho Bramulya. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Maghfiroh, A.,Arifin, Z., Sunarti. 2016. Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 40 No.1 November 2016

Masyita, D. A., Yuliati, A. L. 2017. Pengaruh Brand Ambassador Dian Sastrowardoyo Terhadap Brand Image Produk Makeup L’oreal Paris (Studi Pada Konsumen L’oreal Kota Bandung). JRAMB, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UMB Yogyakarta. Volume 1 No. 1., Mei 2017

Mendrofa, K. J., Sabar. M. 2016. Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli DOMAIN .ID. Tesis. Universitas Mercubuana.

Mubarok, D.A. A. 2016. Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen. (Studi pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun. Vol 3 No.1. ISSN : 1412-6907.

Murti, B. N., Sugiarto, Y. 2014. Analisis Pengaruh Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Citra Merek dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Produk Sepatu Olah Raga Adidas (Studi Pada Warga Kelurahan Banyumanik , Kecamatan Banyumanik). Diponegoro Journal Of Management Volume 3, Nomor 3, , Halaman 1. ISSN :2337-3792

Nam, S. B., Lee K. Y. 2013. The Influence Of Paralympic Sponsorship On Consumers’ Purchase Intention. Sport Management International Journal. Vol. 9, No 1.

Ningrum, I. T. J., & Nilowardono, S. 2016. Pengaruh Event dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Rokok Sampoerna a Mild Pada PT. HM Sampoerna Area Marketing Surabaya. Jurnal Manajemen Kinerja, 2, 57–69

Ningrum,N. S. 2016. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen MD Clinic By Lazeta. Bisnis dan Iptek Vol.9, No. 2, oktober 2016, 141-152 ISSN : 2502-1559

Nursanti, Aida. 2011. Pengaruh Event Sponsorship terhadap Brand Image rokok A-Mild pada PT. HM SAMPOERNA Tbk. Cabang Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Vol. 19, No. 1.

Pratama,I Gst Bgs A. C. D. E., dkk. 2017. The Role of Brand Image in Mediating the Influence of Sponsorship on the Intention to Purchase. International Journal of Management and Commerce Innovations.Vol. 5, Issue 2. ISSN 2348-7585

Pratiwi, I., Moeliono, N. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser Maudy Ayunda Terhadap Minat Beli Produk Teh Javana (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). E-Proceeding of Management, 2(3), 3576–3585.

Putra, M. I., Suharyono, Abdillah.,Y. 2014. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 12 No. 1 Juli 2014

Putra, I. K. T. D.,Sulistyawati, E. 2015. Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 6, 2015. ISSN: 2302-8912

Purwanto, U. Y., Suharyono. 2018. Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Citra Merek dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei kepada Konsumen Malang Strudel di Outlet Singosari, Kab. Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).Vol. 56 No. 1 Maret 2018

Rismawan, M. A., Purnami N. M. 2017. Peran Price Discount Memoderasi Pengaruh Product Knowledge dan Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 1, 2017: 264-288 ISSN : 2302-8912

Rizki, S. P., Mudiantono. 2016. Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk dan Harga terhadap Brand Image Serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Face Care Garnier Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management. Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016,. ISSN: 2337-3792.

Sagala, M. H., Mulyaningsih, H. 2017. Pengaruh Brand Ambassador terhadap Brand Image Oppo Smartphone di Kota Bandung. E-Proceeding Of Management : Vol.4, No.1 April 2017.

Savitri, N. W. 2017. Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan melalui Media Televisi Terhadap Minat Beli pada Tokopedia Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 8, 2017: 4214-4239 . ISSN : 2302-8912

Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks

Shahrinaz, I., et al. 2016. Relationship And Impact of e‐WOM and Brand Image Towards Purchase Intention of Smartphone. Journal of Scientific Research and Development. 3(5) :117‐124. ISSN 1115‐7569

Shimp, T. A., & Andrews, J. C. 2013. Integrated Marketing Communications. Integrated Marketing Communications.

____________. 2013. Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communications.

____________. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Sinaga, Inggrid. 2014. The Effect of Marketing Public Relations on Brand Image. Jurnal Akuntansi, Vol. 2, No, 2, pp. 184-189.

Siregar, S. J. 2017. Pengaruh Event Sponsorship terhadap Brand Image Rokok Sampoerna a-Mild. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 51 No. 1

Stephanie, E., Rumambi, L., Kunto, Y. 2013. Analisa Pengaruh Rio Dewanto Dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 2.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung.: Alfabeta.

Suharto, Clifen., Tumbel, A., Trang., I. 2016. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Daya Tarik Iklan terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Remaja Jaya Mobilindo Manado. Jurnal EMBA Vol.4 No.3. 209-221. ISSN 2303-1174

Sulistyari, Ikanita Novirina.,Yoestini. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang) Diponegoro Journal of Management. Volume 1, Nomor 1.

Tanvir, A., & Shahid, M. 2012. Impact of Sports Sponsorship on Brand Image and Purchase Intention. Interdisciplinary Journal Of Contemprary Research In Business. Vol 4, No 2 June 2012

Tjiptono , Fandy. 2011. Manajemen & Strategi Merek. Andi Offset : Yogyakarta

Wang, F., Hariandja, E. S. 2016. The Influence of Brand Ambassador on Brand Image and Consumer Purchasing Decision : a Case of Tous Les Jours. International Conference on Entrepreneurship (IConEnt-2016).

Wang, Y., & Tsai, C. 2014. The Relationship Between Brand Image And Purchase Intention : Evidence From Award Winning Mutual Funds. The International Journal of Business and Finance Research. Volume 8 Number 2.

Widjaja, A. A. 2015. The Impact of L ’ Oréal Paris Fall Repair ‘ s Celebrity Endorsement towards Consumer Purchase Intention with Brand Image as a Mediating Variable. iBuss Management Vol. 3, No. 2, (2015) 214-221

Wijanarko, P., Suharyono,. Arifin, Z. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei kepada Pengunjung Warung Kopi Kriwul , Kelurahan Merjosari , Kecamatan Lowokwaru , Kota Malang yang Pernah Melihat Iklan dan Membeli TOP Coffee ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 34 No. 1.

Wikramayana, I. G. P. S., Pramudana, K. 2015. Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Sponsorship Terhadap Niat Beli Motor Yamaha Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 4, No 3. ISSN 2302-8912.

William, Mats. 2013. Sports Sponsorship: An analysis of the influence of Sports Sponsorship on Purchase Intentions of FMCG Consumers. Thesis of Management Masterproef. Universiteit Hasselt.

Yolanda, R.,Soesanto, H. 2017. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management. Volume 6, Nomor 4, Halaman 1-12. ISSN (Online): 2337-379




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v9i2.3826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SAINS : Jurnal Manajemen dan Bisnis

Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten

Telp/Fax (+62254) 3204321

E-mail: jsm@untirta.ac.id

 

Creative Commons License

Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.