Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Produk Blackberry (Studi Terhadap Anggota Milis Telkomsel Blackberry Community Indonesia)
Abstract
The purpose of this research is to analyze the image of consumers purchase decision making in the conduct of the Blackberry. To find out if a relative advantage, compatibility, complexity, trialabilitas, the ability to communicate the benefits of the product, and observabilitas affect consumer purchasing decisions in the Blackberry product.
The methods used in this research is the author of the research methods of the survey with the quantitative approach. In this research, primary data obtained from the questionnaire. Results of questionnaire data processed using the method of path analysis (path analysis).
Based on the analysis that has been done, the conclusion is relative advantage (X 1), compatibility (X 2), complexity (X 3), trialabilitas (X 4), the ability to communicate the benefits of the products (x 5), and observabilitas (X 6) affect decisions purchase a Blackberry on Blackberry Telkomsel Indonesia Community. Where observabilitas (X 6) that have the greatest contribution in influencing purchase decisions in the respondent's Blackberry product. It is in accordance with the characteristics of high-tech products that are complex, with prices likely to be expensive, need to be examined before being purchased, bought with caution, their life cycle is short, and products that rely on features.
Keywords
References
Arindy K. Wardhni. (2010). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Blackberry di Bandung tahun 2010. Skripsi. Skripsi Sarjana pada Institut Manajemen Telkom Bandung: tidak dipublikasikan.
Banerjee, Saikat.(2008). Dimension of Indian Culture, Core Cultural Values and Marketing Implication.4(15) .367-378. Emerald Group Publishing Limited.
Buchory, Herry Achmad & Djaslim Saladin. (2010). ManajemenPemasaran. (CetakanPertama). CV Linda Karya, Bandung.
Dewinas Ayu Kumala. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Blackberry di Lingkungan Mahasiswa Institut Manajemen Telkom Bandung. Skripsi Sarjana pada Institut Manajemen Telkom Bandung: tidak dipublikasikan.
Dudy Rodiansyah. (2008). Studi Potensi dan Karakteristik Pasar Produk Telkom Hi'Speed e-Learning pada Perguruan Tinggi di Kotamadya Bandung. Skripsi Sarjana pada Institut Manajemen Telkom Bandung: tidak dipublikasikan.
Gilbert, David, Liz Lee-Kelley & Maya Barton. (2008). Technophobia, Gender Influences and Consumer Decision-Making for Technology-Related Products.4(6).253-263. Emerald Group Publishing Limited.
Haliana, Novel. (2009). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Indomie.1(2). 21-24. Jurnal Manajemen Bisnis.
Hutagalung, Raja Bongsu& Novi Aisha. (2008). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Menggunakan Dua Ponsel (GSM dan CDMA) pada Mahasiswa Departemen Manajemen Fakutas Ekonomi USU. 3 (1).97-102. Jurnal Manajemen Bisnis.
Ibrahim, M. Nasir. (2007). Analisis Pengaruh Media Iklan Terhadap Pengambilan Keputusan Membeli Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua pada Masyarakat Kota Palembang. 9(5).45-70. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya.
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. (Edisi 12). Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. (Edisi 12 Jilid 1). PT Indeks, Jakarta.
Lysonski, Steven, SriniDurvasula. (2011). Consumer Decision-Making.1(23). 54-78. Emerald Group Publishing Limited.
M. Rhendria Dinawan. (2010). “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian” (Studi Kasus pada Konsumen Yamaha Mio PT.Harpindo Jaya Semarang). Tesis Magister Manajemen pada Universitas Dipenegoro Semarang.
Marhaini.(2008). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Komputer Merek Acer. 3(1).89-96. Jurnal Manajemen Bisnis.
Mohr, Jakki, Sanjit Sangupta & Stanley Slater. (2010). Marketing of High Technology Product and Innovations. (1st Edition). Pearson Education Inc, United States of America.
Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. (CetakanPertama). Kencana, Jakarta.
Park, Ji Eun, Jun Yu & Joyce Xin Zhou. (2010). Consumer Innovativeness and Shopping Styles.27(5).437-466. Emerald Group Publishing Limited.
Riduan, Adun Rusyana & Enas. Cara Mudah Belajar SPSS 17.00. (CetakanPertama). CV Alfabeta, Bandung.
Sarwono, Jonathan. (2007). Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. (Cetakan Pertama). CV Andi, Yogyakarta.
Saydam, Gouzali. (2010). Kamus Istilah Telekomunikasi. (Cetakan Pertama). Pustaka Reka Cipta, Bandung.
Schiffman, Leon G & Leslie Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. (Cetakan Keempat). PT. Indeks, Jakarta.
Setiadi,J. Nugroho. (2008). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. (Cetakan Ketiga). Kencana, Jakarta.
Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Bisnis.(Cetakan Ketiga). CV Alfabeta, Bandung.
Suistainability Report. (2010). Telkomsel Sustainability Report 2009-2010. Telkomsel Indonesia.
Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. (Cetakan Pertama). Ghalia Indonesia, Bogor.
Sutrisni. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Harga dan Keprcayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Dipenegoro Semarang. Skripsi Sarjana pada Universitas Dipenogoro Semarang.
Taniredja, Tukiran & Hidayati Mustafidah. (2011). Penelitian Kuantitatif. (Cetakan Pertama). CV Alfabeta, Bandung.
Utama, Patra Setia. (2011, 4 Oktober). Smartphone : Semakin Merakyat, Semakin Banyak, dan
Wijaya, Tony. (2009). Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. (Cetakan Pertama). Universitas Atmajaya Yogyakarta, Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v9i1.5360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng TirtayasaJl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten
Telp/Fax (+62254) 3204321
E-mail: [email protected]
Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.