Determinan Pengambilan Keputusan Memilih Bank Syariah

Nurkholish Majid

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis determinan perbankan syariah yang terdiri dari pemahaman hukum riba, religiusitas dan kualitas layanan. Penelitian melibatkan sampel 80 mahasiswa IAIN Surakarta yang menjadi pelanggan Bank Syariah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemahaman hukum riba menghasilkan dorongan untuk memilih bank syariah sedangkan religiusitas tidak memiliki dampak yang signifikan. Kualitas layanan yang dengan dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan empati dan bukti fisik tidak menunjukkan pengaruh terhadap pengambilan keputusan memilih perbankan Syariah.



Keywords


pemahaman hukum riba; religiusitas; kualitas layanan; pengambilan keputusan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdul Razak, D., Fauziah, & Taib, M. (2011). Consumers' perception on Islamic home financing: Empirical evidences on Bai Bithaman Ajil (BBA) and diminishing partnership (DP) modes of financing in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 2(2), 165-176.

Alnaser, F., Ghani, M., & Rahi, S. (2018). Service quality in Islamic banks: The role of PAKSERV model, customer satisfaction and customer loyalty. Accounting, 4(2), 63-72.

Al-Tamimi, H. A. H., Lafi, A. S., & Uddin, M. H. (2016). Bank image in the UAE: Comparing Islamic and conventional banks. In Islamic Finance (pp. 46-65). Palgrave Macmillan, Cham.

Aziz, F., & Fatima, T. (2012). Qur’Anic Concept of Al-Bay & Al-Riba. International Journal of Independent Research and Studies, 1(3), 118-123.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Hanik, S. U., & Handayani, J. (2014). Keputusan Nasabah Dalam Memilih Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Perbankan Indonesia, 22(2).

Hidayat, S. E., & Al-Bawardi, N. K. (2012). Non-Muslims’ perceptions toward Islamic banking services in Saudi Arabia. Journal of US-China Public Administration, 9(6), 654-670.

Islam, R., Ahmed, S., & Razak, D. A. (2015). Identifying the gaps between customer expectations and perceptions on service quality dimensions of Islamic banks in Malaysia. International Journal of Quality and Service Sciences, 7(4), 424-441.

Kapriani, M., Zain, Y., Lewangka, O., & Fattah, S. (2014). The Influence Of Religious Values, Social Factor And Service Quality In Individual Customer Decision Using Murabahah Financial On Islamic Bank, Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 3(2), 211-214.

Kahf, M. (2014). Riba in Islamic economics and finance. Handbook on Islam and Economic Life, 132.

Kashif, M., Abdur Rehman, M., & Pileliene, L. (2016). Customer perceived service quality and loyalty in Islamic banks: A collectivist cultural perspective. The TQM Journal, 28(1), 62-78.

Maisur, M. A., & Shabri, M. (2015). Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religiusitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Syariah di Banda Aceh. Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(2).

Rahmanto, K. (2016). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Desa Sraten KAB. Semarang Untuk Menabung di Bank Syariah (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Rahmawaty, A. (2014). pengaruh persepsi tentang bank syariah terhadap minat menggunakan produk di BNI Syariah Semarang. Jurnal Addin, 8(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA CV.

Wulandari, D., & Subagio, A. (2015). Consumer decision making in conventional banks and islamic bank based on quality of service perception. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 211, 471-475.

Youssef, M. M. H., Kortam, W., Abou-Aish, E., & El-Bassiouny, N. (2015). Effects of religiosity on consumer attitudes toward Islamic banking in Egypt. International Journal of Bank Marketing, 33(6), 786-807.

Zameer, H., Tara, A., Kausar, U., & Mohsin, A. (2015). Impact of service quality, corporate image and customer satisfaction towards customers’ perceived value in the banking sector in Pakistan. International journal of bank marketing, 33(4), 442-456.

Zulkifli, R. M., & Rosli, M. M. (2013). Entrepreneurial orientation and business success of Malay entrepreneurs: Religiosity as moderator. International Journal of Humanities and Social Science, 3(10), 264-275.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v12i2.6566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten

Telp/Fax (+62254) 3204321

E-mail: [email protected]

 

Creative Commons License

Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.