Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Di Kota Sidoarjo
Abstract
Abstract
This article aims to investigate the role of marketing digitalization as an effective marketing strategy for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). In the current digital era, MSMEs need to employ marketing strategies that align with trends in information and communication technology. The methodology used involves an first recognition phase (pre-accompaniment phase), followed by an accompaniment phase (training and mentoring), and finally, the post-accompaniment phase. the outcomes of this study reveal that digitalization marketing considerable impact on enhancing the marketing effectiveness of MSMEs. By utilizing social media, company websites, MSMEs can reach a wider market and enhance interaction with potential customers. There are several challenges that MSMEs need to overcome in adopting digitalization marketing, such as limited technological knowledge and difficulties in managing digital marketing. Therefore, this article provides recommendations for MSMEs to address these challenges, including digital skills training and the use of relevant tools and platforms.
Keywords: Marketing digitalization, marketing strategy, MSMEs, social media, website, technology.
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran digitalisasi pemasaran sebagai strategi pemasaran yang efektif bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di era digital saat ini, UMKM perlu menerapkan strategi pemasaran yang selaras dengan tren teknologi informasi dan komunikasi. Metodologi yang digunakan meliputi fase pengenalan pertama (fase pra pendampingan), dilanjutkan fase pendampingan (pelatihan dan pendampingan), dan terakhir fase pasca pendampingan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa digitalisasi pemasaran berdampak cukup besar terhadap peningkatan efektivitas pemasaran UMKM. Dengan memanfaatkan media sosial, website perusahaan, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan. Ada beberapa tantangan yang perlu diatasi oleh UMKM dalam mengadopsi pemasaran digitalisasi, seperti keterbatasan pengetahuan teknologi dan kesulitan dalam mengelola pemasaran digital. Oleh karena itu, artikel ini memberikan rekomendasi bagi UMKM untuk mengatasi tantangan tersebut, termasuk pelatihan keterampilan digital dan penggunaan alat dan platform yang relevan.
Kata Kunci: Digitalisasi pemasaran, strategi pemasaran, UMKM, media sosial, website, teknologi.
Keywords
Full Text:
PDF 54-59References
Ilmiyah, Khafidatul & Indra Krishernawan. Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Jurnal Manajemen. 31-42.
Sudjatmika, F. V. 2017. Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan TerhadapKeputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.com. Agora.
Lestari, Mey Kurnia; Masruchin; Diahh Krisnaningsih. 2022. Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah.
Pramono, Agung; Achyar Eldine; Leny Muniroh. 2020. Pengaruh Harga, Ulasan, dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Ilmu Manajemen. 421-432
Asiyah, Siti & Kartik Rose Rachmadi. 2022. Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 442-448.
Maydiantoro, Albet; M. Thoha B. Sampurna Jaya; Widya Hestiningtyas; Rahmawati. 2021. Pendampingan UMKM Menuju Digitalisasi Marketing Upaya Kebangkitan di Era New Normal. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat. 1530-1539.
Fauzi, Nur Maulidza; Annita Mahmudah; Dina Maysaroh; Presti Belinda; Ainul Afif. 2023. Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Waruk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademik. 30-35.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v3i2.21016